NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN SURAT ‘ABASA

Zulkarnen, Syamsu Nahar, Zulheddi

Abstract


Abstrack: The purpose of this research is to find out how is the interpretation of ‘Abasa on education of
faithful, worship, moral attitude and social. The education’s moral value and the relevant This research
used the qualitative method or based on the study library. The first final result is the interpretation of al-
Misbah was started by explanation then spelled the obstacle words into the explanation. Ibnu Katsir
book was started the explanation by hadis. And ibnu katsir’s book no obstacle words. Al-Maraghi’s
book was started by the obstacle words interpreted. Al-Khazin’s book was started by the explanation of
asbab al-wurud and then seeing theasbab an-Nuzul. The noble Quran by ministerial religion affair was
started by words. Buya Hamka no finding the words, but was started by the explanation andmafatihu
al-Ghaib was told by Allah, is admonishes Muhammad saw was sullen face and avoided from Abdullah
bin Ummi Maktum was blind. And the education’s moral value here are the education of social, the
teacher must be in justice fair, ibadah education must be takwa to Allah swt, the akidah/faithful education
is believe full to Allah, and the moral value education provided the moral award similar to. The
relevant of this verse is creating the students must be taken a worship to Allah, syahadah to Allah, polite
and polite to the parents, teachers and others.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penafsiran surat ‘Abasa dalam pendidikan
akidah, ibadah, akhlak dan sosial. Nilai-nilai pendidikannya serta relevansinya. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif atau penelitian bersifat studi pustaka. Hasil penelitian pertama bahwa penafsiran bahwa
penafsiran Tafsiral-Misbah dimulai dengan penjelasan kemudian menyebutkan kata-kata sulit untuk ke
dalam penjelasan. Tafsir Ibnu Katsir dimulai dengan penjelasan kemudian diberi hadis-hadis Tafsir Ibnu
Katsir ini tidak terdapat kosa kata sulit. Tafsiral-Maraghi dimulai dengan penafsiran kata-kata sulit. Tafsir
al-Khazin dimulai dengan penjelasanasbab al-Wurudnya. Dan melihatasbab an-Nuzul nya. Tafsir Alquran
oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dimulai dengan kosa kata. Tafsir al-Azhar karya Buya
HAMKA tidak terdapat kosa kata, dimulai dengan penjelasan dan TafsirMafatihu al-Ghaib mengenai
ayat ini Allah swt. menegur Nabi Muhammad saw. yang bermuka masam dan berpaling dari Abdullah
bin Ummi Maktum yang buta. Nilai-nilai pendidikannya adalah pendidikan sosial guru harus adil, pendidikan
ibadah takwa kepada Allah swt. pendidikan akidah meyakini kebenaran Allah, dan pendidikan akhlak
memberi penghargaan sesama. Relevansinya adalah menjadikan anak didik takwa kepada Allah, bersyahadah
kepada Allah, patuh dan sopan kepada orang tua, guru dan yang dituakan.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Alqur’an, ‘Abasa

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

al-‘Aththar,”Tarjamah al-Imam an-Nasa’i”, dan abu Zahwu Muhammad,al-Hadis wa al-Muhadditsun.

Nomor hadis 828 halamana 293 (Beirut: Dar al-Kita al-‘Arabiyyah, 1984)

al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah,al-Asásu at-Tarbiyatu al-Islámiyah; Dasar-Dasar Pendidikan Islam, terj,

Bustami Abdul Ghani (Jakarta: Bulan Bintang, Cet.III, 2008)

al-Banna, Hasan,Majmu’atu ar-Rasul (Beirut: Muassasah ar-Risalah,tt)

Daud, Wan Mohammad Nor Wan, Filsafat Islam dan Praktek Pendidikan Islam Pemikiran Pendidikan

Syed M.Naquib al-Attas (Bandung: Mizan,. Cet.IV, 2007)

Al-Ghazali, Muhammad, Akhlak Seorang Muslim. (terj.) Moh. Rifa’I dari judul asli Khuluq Al-Muslim.

Cet.V. Edisi Revisi ke-3 (Semarang: Wicaksana 2008)

Al-Gazali,Mukhtasar ihya ‘Ulumuddin, Mutiara Ihya’Ulumuddin, Terj; Irwan Kurniawan (Bandung: Mizan,

Hafiz, Muhammad, & Kastolani,Pendidikan Islam Antara Tradisi dan Modernitas (Salatiga: STAIN Salatiga

Press. hafidz dan Kastolani,2009)

Indarto, Ahmad Ferry T.Kurikulum Yang Mencerdaskan (Jakarta: Kompas, 2007)

Ilyas, Yunahar,Kuliah Akidah Islam (Yogyakarta; UMY, 1992)

Al-Jazairy,Akidah al-Mukmin (Kairo: Dár al-Maktab, 1978)

Lubis, Lahmuddin dan Elfiah Muchtar,Pendidikan Agama; Dalam Perspektif Islam, Kristen dan Budha

(Medan;Cita Pustaka Media Perintis, Cet.I, 2013)

al-Munawwar, Said Agil Husin,Aktualisasi Nilai-Nilai Qur.ani dalam Sistem Pendidikan Islam (Jakarta:

Ciputat Press, Cet.II, 2009)

Mulyani, S.Perkembangan Peserta Didik. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008)

Poerwati, E., dan Nurwidodo..Perkembangan Peserta Didik. (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang,

Sunarto, B. Agung Hartono,Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008)

Sulaiman, Fathiyah Hasan,Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali (Bandung: al-Ma’arif, Cet.VII, 2008)

Syahidin, Metode Pendidikan Qur.ani Teori dan Aplikasi (Jakarta: CV Misaka Galiza, Cet.V, 2009)

Tafsir, Ahmad,Studi Akhlak dalam Alquran (Jakarta:Kencana Prenada Media Group, Cet II, 2010)

Thoha, Chabib,Kapita Selekta Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1996)

al-Ulwan, Abdullah Nasih,Al-‘llmu At-Tarbiyatu al-Islam (Terj) Hery Noer Aly,Ilmu Pendidikan Islam (Bandung:

Mizan, Cet.IV, 2009), Edisi Revisi Ke-2




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i2.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan