Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Dalam Mengurangi Kemiskinan Berdasarkan Model Cibest (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Prov. Sumut)

Nur laily, Halimatussakdiyah Harahap

Abstract


Kemiskinan menjadi suatu permasalahan yang kerap terjadi di setiap negara terutama di negara berkembang. Salah satu alat ukur kemiskinan adalah model CIBEST yaitu alat yang mengukur kemiskinan dari segi materiil dan spiritual. Banyak upaya yang mampu dilakukan untuk meminimalisir kemiskinan di antaranya dengan zakat produktif. Namun pendayagunaan zakat produktif pada BAZNAS SU belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifitasan zakat produktif dengan menganalisis pendayagunaan dari zakat produktif pada BAZNAS SU dalam mengurangi kemiskinan berdasarkan model CIBEST. Model CIBEST merupakan alat ukur kemiskinan dengan melihat dimensi secara materiil dan spiritual dengan menggunakan pendekatan sebelum dan sesudah menerima zakat produktif BAZNAS SU. Adapun penelitian ini menggunakan alat analisis model CIBEST dengan jenis penelitian kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 30 rumah tangga mustahik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan zakat produktif pada BAZNAS SU diukur berdasarkan model CIBEST adalah efektif, di lihat berdasarkan analisis model CIBEST yang dilakukan yaitu kuadran I kategori sejahtera meningkat dari 3 rumah tangga menjadi 14 rumah tangga, Kuadran II kategori kemiskinan materiil menurun dari 12 rumah tangga menjadi 7 rumah tangga,  Kuadran III kategori kemiskinan spiritual menurun dari 8 rumah tangga menjadi 5 rumah tangga, Dan kuadran IV kategori kemiskinan absolut menurun dari 7 rumah tangga menjadi 4 rumah tangga. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kesejahteraan dan kemiskinan dari model CIBEST  meningkat. Nilai indeks kesejahteraan naik sebesar 36%, Indeks kemiskinan materiil turun sebesar 17%, Indeks kemiskinan spiritual turun sebesar 10%, Indeks kemiskinan absolut turun sebesar 10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa zakat produktif BAZNAS SU  setelah diukur dengan model CIBEST efektif yaitu mampu menaikkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan.


Full Text:

PDF

References


Ani Nurul Imtihanah & Siti Zulaikha (ed.) (2019)Distribusi Zakat Produktif Berbasis Model CIBEST, Lampung: CV.Gre Publishing.

Tambunan, Khairina, (2017) Analisis Pengaruh Investasi, Operasi Moneter dan ZIS Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (Tesis, Magister Ekonomi Islam. Repository Uinsu.

Musaddad Lubis, Wakil Ketua II BAZNAS Prov. Sumut, wawancara di Medan, tanggal 05 November 2019

T.M. Ridwan, Kepala Bagian Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Prov.Sumut, wawancara di Medan, tanggal 05 November 2019.

Muhammad Ariqy Raihan, (2017)Pendayagunaan Zakat Dalam Mengurangi Kemiskinan Berdasarkan CIBEST Model” (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Bogor.

Irfan Syauqi Beik & Laily Dwi Arsyianti (ed.) (2019), Ekonomi Pembangunan Syariah, (Depok: Rajawali Pers, 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i1.8945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur laily, Halimatussakdiyah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/