Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung variabel periklanan, kualitas produk, harga dan tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui online shop di kota Medan. Metode dalam penelitian ini digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dengan model regresi linier berganda didukung dengan uji model dan uji statistik dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 17. Temuan hasil penelitian menunjukkan pada model struktural 1 secara serempak bahwa sekitar 72,1% variabel periklanan, kualitas produk, tingkat kepercayaan dan harga mempengaruhi keputusan pembelian melalui online shop di kota Medan, sedangkan 27,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Pada model struktural 2 secara serempak bahwa sekitar 56,6% variabel periklanan, kualitas produk dan harga mempengaruhi tingkat kepercayaan sedangkan 43,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Hasil uji signifikansi pengaruh tidak langsung menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung dari variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian online melalui tingkat kepercayaan secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mujiyana & Elisa, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian via Internet pada Toko Online”, Jurnal Teknik Industri Vol 8 No. 3, 2013, h. 42
http//www.APJII.or.id, Pengguna internet pada tahun 2015, di akses pada tanggal 30 Desember 2016.
Nurul Farhanah Syah, Konsumen Online, wawancara pribadi dilakukan pada tanggal 18 Januari 2017pukul 11.15WIB
http//www.kominfo.or.id (Statistic Pembelian Melalui Online Shop) diakses pada tanggal 28 Desember 2016
http//www.nielsen.com (Nielsen Global Survey of E-Commerce) diakses pada tanggal 30 Desember 2016
http://medan.tribunnews.com, Trend Belanja Online pada Masyarakat Kota Medan, diakses pada tanggal 27 Januari 2017
Aisyah Aini, Owner Kedai ABI Medan, wawancara pribadi dilakukan pada tanggal 27 Januari 2017 pukul 10.15 WIB
Yenny Yuniarti, “Pengaruh Kuaitas Produk, Harga dan Kepercayaan Terhadap Pembelian Produk Fashion Secara Online”, Jurnal Bisnis, Volume 18 No. 1, 2016, h.8
Eunike, Edy Yulianto dan Wasis A. Latief, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang berlokasi di Indonesia”, Jurnal Administrasi dan Bisnis Vol. 10 No. 1, Universitas Brawijaya, Malang, 2014, h. 9
Restika Firdayanti, “Persepsi Resiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online”, Journal Of Social Industrial Psichology Vol. 1 No. 1, Universitas Negeri Semarang Indonesia, 2013, h. 6
Hening Ary Putra dan Suyono, “Pengaruh Iklan Online Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakutas Ekonomi dan Bisnis”, Jurnal Universitas Trunojoyo Madura, 2013, h.12
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-13 Jilid I Terjemahan: Bob Sabran, (Jakarta: Erlangga, 2003), h. 196
Durianto Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003), h. 40
Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran I, Edisi ke-12 (Jakarta: PT. Indeks, 2007), h. 45
Shimp, Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Peasaran Terpadu, Jilid I, (Jakarta: Erlangga, 2003), h. 45
Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa…, h. 95
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13 jilid I Terjemahan: Bob Sabran (Jakarta: Erlangga, 2003), h. 70
Fandy Tijptono, Strategi Pemasaran…, h. 28
Peter dan Olson, Perilaku Kosumen dan Strategi Pemaaran, Edisi ke-4, (Jakarta: Salemba Empat, 1999), h. 228
Siti Nur Fatoni, Pengantar Ilmu Ekonomi (Dilengkapi Dasar-Dasar Ekonomi Islam), Bandung: Pustaka Setia, 2014, h. 61-63
N. George Mankiw, Mikro Ekonomi, h. 138
Stephen P. Robbins dan Timothy A. judge, Organizational Behavior (New York: Prentice-Hall Jersey, 2007) h. 25
S.C Chen & G.S Dhillon, Interpreting Dimensions of Consumer Trust in eCommerce, Informetion Technology and Managemet, 2003, h. 303-318
K.M Kimery and McCard, “Third Party assurance: Mapping the road trust in e-retailing”, Journal of Information Technology and Pplication, 2002 h. 63-82
Gefen & Straub, Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model, MIS Quarterly, 2003 h. 51-90
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v6i2.768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurul Hasanah Syah, Isnaini Harahap, Sri Sudiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.