PENGARUH LAYANAN PERBANKAN DIGITAL DAN PRODUK YANG INOVASI TERHADAP MINAT GENERASI Z PADA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAI UMSU)
Abstract
Penelitian ini untuk membuktikan hipotesis apakah layanan perbankan digital (X1) dan produk yang inovasi (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap minat generasi Z (Y). Metode penelitian dengan analisis data kuantitatif. Data primernya diperoleh lewat penyebaran kuesioner tertutup ke-92 responden mahasiswa FAI UMSU sebagai generasi Z yang kemudian diregres dengan analisis regresi berganda yang olah datanya dibantu dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Semua item butir pernyataan yang diajukan valid dan reliabel karena r hitung di atas r tabel; (2) Semua variabel bebas dalam menjelaskan variasi dari variabel terikat sebesar 65,10%, sedangkan sisanya sebesar 34,90% karena alasan lain; (3) Model regresi pada variabel bebas secara simultan memengaruhi variabel terikat sehingga model regresi variabel bebas dapat dipakai untuk memprediksi variabel terikat; (4) Layanan perbankan digital (X1) dan produk yang inovasi (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap minat generasi Z (Y). Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis yang menerima Ha1 dan Ha2
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, M. (2023). Efek Perilaku dan Persepsi Milenial terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 12(2), 214-230.
Amsari, S., Anggara, W., & Suparmin, S. (2023). Point of View Islam terhadap Fenomena Celebrity Endorsement sebagai Daya Jual Produk di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1849-1858.
Anjani, D. A. D., Misidawati, D. N. M. D. N., & Awali, H. A. H. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 124-134.
Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83-104.
Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19-25.
Aripin, N. T., Fatwa, N., & Hannase, M. (2022). Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 29-45.
Cupian, C., Valentino, U., & Noven, S. A. (2022). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Bank Digital Syariah pada Generasi Z: Studi Kasus di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1679-1688.
Damayanti, I., Siregar, P. A., Marisa, M., Hafizhah, A., Marbun, M. I., & Alfikri, M. N. (2024). PENGELOLAAN INVESTASI DALAM BISNIS SYARIAH: STRATEGI DI ERA DIGITAL. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(2), 191-196.
Fatmawati, E. F. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Brand Image terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1023-1033.
Fauzi, M. C., Hasan, A., & Lutfi, M. (2024). Peran Literasi keuangan, Promosi, dan Religiusitas terhadap minat generasi Z pada Bank Syariah di Kabupaten Kudus. An Nawawi, 4(1), 41-54.
Gazali, H. (2021). Islam Untuk Gen Z: Mengajarkan Islam, Mendidik Muslim Generasi Z: Panduan Bagi Guru PAI. Jakarta: Wahid Foundation.
Hamdat, A., Arfah, Kusuma, A.M., Cahya, B.T., Sri, D., Sriwardiningsih, E., Astri, F., Salam, K.N., Islamiah, M.H., Mandey, N.H.J., Lani, P., Nabila, R., & Dwita, V. (2020). Manajemen Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Mirra Buana Media.
Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22-33.
Iqbal, M., & Hasan, A. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, dan Fitur Layanan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tangerang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(1), 333-356.
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” dan Strategi Melayaninya. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 23-34.
Mawarni, R. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion pada Masa Covid-19. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39-54.
Meilita, A., & Fasa, M. I. (2024). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7138-7147.
Meiria, E. (2020). Sikap dan Perilaku Generasi Z terhadap Perbankan Syariah Indonesia dengan Importance-Performance Analysis. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 4(2), 133-148.
Mudrikah, A. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. ETNIK: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 1(2), 57-68.
Musthofa, M. A., & Musfiroh, M. F. S. (2022). Pengaruh Produk, Promosi, dan Gaya Hidup terhadap Minat Menabung Siswa pada Bank Syariah. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(1), 64-74.
Nasution, Y. S., & Mujiatun, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, dan Word Of Mouth terhadap Minat Generasi Z Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Binjai Kota). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 1506-1519.
Nazir. M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Novayansyah, G. R., Mawardi, M. C., & Anwar, S. A. (2025). Pengaruh Transparansi, Literasi Keuangan Syariah, dan Religiusitas Gen Z terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Warta Ekonomi, 7(02), 589-596.
Novian, H., Anwar, M. W., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4082-4091.
Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum tanggal 06 Agustus 2018. Jakarta: Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.
Pasrizal, H. (2013). Konsep Marketing dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 35-44.
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah tanggal 16 Juli 2008. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pradesyah, R. (2023). DIGITAL MARKETING AND PRODUCT LITERACY ON GENERATION Z'INTEREST IN USING SHARIA BANKS: PEMASARAN DIGITAL DAN LITERASI PRODUK TERHADAP MINAT GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH. UPMI Proceeding Series, 1(01), 1464-1469.
Putri, N. A., & Siregar, P. A. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa FAI UMSU Menggunakan Dompet Digital. EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan), 8(2), 181-195.
Rahayu, R. S., & Siregar, P. A. (2023). Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19-34.
Rahmayani, H., Zuhirsyan, M., & Wathan, H. (2021). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 153-162.
Restiana, D., & Fasa, M. I. (2024). Strategi Pemasaran Perbankan Syariah Untuk Mendorong Minat Menabung Generasi Z di Perbankan Syariah Menuju Era Digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(10), 1-16.
Riya, F. F. (2024). Determinan Minat Produk Tabungan BCA Syariah dengan Pendekatan Extended TPB (Studi pada Generasi Z di Wilayah Jakarta Selatan) (Bachelor's thesis), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Jakarta.
Sadiah, M., & Puspa, D. A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, dan Aksesibilitas terhadap Minat Menabung Generasi Z pada Bank Syariah. Quranomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), 25-43.
Saputra, S. D. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Pengajuan Pembiayaan di Bank Syariah pada Masyarakat Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa. Journal of innovation Research and Knowledge, 1(9), 867-882.
Shabri, H. (2022). Transformasi Digital Industri Perbankan Syariah Indonesia. El-Kahfi. Journal of Islamic Economics, 3(02), 228-234.
Siregar, S., & Pradesyah, R. (2023). Pengaruh Digitalisasi Perbankan Melalui Self Service Technology terhadap Kepuasan Nasabah Penggunaan Layanan Digital Bank Syariah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kabanjahe. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 114-128.
Subardi, L. (2018). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Nasabah terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Digital di Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 40-51.
Sugiarti, D. (2023). Literasi Keuangan Syariah Generasi Z dan Minatnya pada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Siswa SMK di Jakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 766-772.
Suhada, A. Z. (2023). Determinan yang Mempengaruhi Minat Menabung Milenial di Bank Syariah. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(2), 243-255.
Sunardi, S., & Siregar, P. A. (2023). The Influence of Knowledge, Benefit, and Risk on Customer Interest in Using The BSI Qris Electronic Payment System at BSI KCP Indrapura. JURNAL EKONOMI SYARIAH, 8(1), 64-75.
Vebiana, V. (2018, October). Perbankan Digital, Pengalaman Pelanggan, dan Kinerja Keuangan Bank Syariah. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 747-751).
Widyawaty, D. K., & Widyaningsih, M. (2024). Analisis Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Layanan Digital, dan Kualitas Produk terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Masyarakat Solo Raya). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(1), 67-77.
Wibowo, M. B. S., & Iqbal, M. (2021). Faktor Pengetahuan dan Religiusitas Generasi Z terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 93-106.
Yasin, R. M., Lailyah, N., & Edris, M. (2024). Analisis Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial. Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 75-89.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v1i1.24469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Novia Syahrani, Pani Akhiruddin Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
