PENGARUH LAYANAN PERBANKAN DIGITAL DAN PRODUK YANG INOVASI TERHADAP MINAT GENERASI Z PADA PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAI UMSU)

Novia Syahrani, Pani Akhiruddin Siregar

Abstract


Penelitian ini untuk membuktikan hipotesis apakah layanan perbankan digital (X1) dan produk yang inovasi (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap minat generasi Z (Y). Metode penelitian dengan analisis data kuantitatif. Data primernya diperoleh lewat penyebaran kuesioner tertutup ke-92 responden mahasiswa FAI UMSU sebagai generasi Z yang kemudian diregres dengan analisis regresi berganda yang olah datanya dibantu dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Semua item butir pernyataan yang diajukan valid dan reliabel karena r hitung di atas r tabel; (2) Semua variabel bebas dalam menjelaskan variasi dari variabel terikat sebesar 65,10%, sedangkan sisanya sebesar 34,90% karena alasan lain; (3) Model regresi pada variabel bebas secara simultan memengaruhi variabel terikat sehingga model regresi variabel bebas dapat dipakai untuk memprediksi variabel terikat; (4) Layanan perbankan digital (X1) dan produk yang inovasi (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap minat generasi Z (Y). Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis yang menerima Ha1 dan Ha2


Keywords


layanan perbankan digital, produk yang inovasi, generasi Z, minat generasi Z, perbankan syariah

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. (2023). Efek Perilaku dan Persepsi Milenial terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 12(2), 214-230.

Amsari, S., Anggara, W., & Suparmin, S. (2023). Point of View Islam terhadap Fenomena Celebrity Endorsement sebagai Daya Jual Produk di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1849-1858.

Anjani, D. A. D., Misidawati, D. N. M. D. N., & Awali, H. A. H. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Z dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 124-134.

Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83-104.

Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19-25.

Aripin, N. T., Fatwa, N., & Hannase, M. (2022). Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 29-45.

Cupian, C., Valentino, U., & Noven, S. A. (2022). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Bank Digital Syariah pada Generasi Z: Studi Kasus di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1679-1688.

Damayanti, I., Siregar, P. A., Marisa, M., Hafizhah, A., Marbun, M. I., & Alfikri, M. N. (2024). PENGELOLAAN INVESTASI DALAM BISNIS SYARIAH: STRATEGI DI ERA DIGITAL. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(2), 191-196.

Fatmawati, E. F. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Brand Image terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1023-1033.

Fauzi, M. C., Hasan, A., & Lutfi, M. (2024). Peran Literasi keuangan, Promosi, dan Religiusitas terhadap minat generasi Z pada Bank Syariah di Kabupaten Kudus. An Nawawi, 4(1), 41-54.

Gazali, H. (2021). Islam Untuk Gen Z: Mengajarkan Islam, Mendidik Muslim Generasi Z: Panduan Bagi Guru PAI. Jakarta: Wahid Foundation.

Hamdat, A., Arfah, Kusuma, A.M., Cahya, B.T., Sri, D., Sriwardiningsih, E., Astri, F., Salam, K.N., Islamiah, M.H., Mandey, N.H.J., Lani, P., Nabila, R., & Dwita, V. (2020). Manajemen Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Mirra Buana Media.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22-33.

Iqbal, M., & Hasan, A. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Manfaat, Keamanan, dan Fitur Layanan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus pada Nasabah Bank BNI Syariah Kota Tangerang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(1), 333-356.

Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” dan Strategi Melayaninya. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 23-34.

Mawarni, R. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion pada Masa Covid-19. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39-54.

Meilita, A., & Fasa, M. I. (2024). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7138-7147.

Meiria, E. (2020). Sikap dan Perilaku Generasi Z terhadap Perbankan Syariah Indonesia dengan Importance-Performance Analysis. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 4(2), 133-148.

Mudrikah, A. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. ETNIK: Jurnal Ekonomi dan Teknik, 1(2), 57-68.

Musthofa, M. A., & Musfiroh, M. F. S. (2022). Pengaruh Produk, Promosi, dan Gaya Hidup terhadap Minat Menabung Siswa pada Bank Syariah. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(1), 64-74.

Nasution, Y. S., & Mujiatun, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, dan Word Of Mouth terhadap Minat Generasi Z Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Binjai Kota). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 1506-1519.

Nazir. M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novayansyah, G. R., Mawardi, M. C., & Anwar, S. A. (2025). Pengaruh Transparansi, Literasi Keuangan Syariah, dan Religiusitas Gen Z terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Warta Ekonomi, 7(02), 589-596.

Novian, H., Anwar, M. W., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4082-4091.

Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 /POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum tanggal 06 Agustus 2018. Jakarta: Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pasrizal, H. (2013). Konsep Marketing dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 35-44.

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah tanggal 16 Juli 2008. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pradesyah, R. (2023). DIGITAL MARKETING AND PRODUCT LITERACY ON GENERATION Z'INTEREST IN USING SHARIA BANKS: PEMASARAN DIGITAL DAN LITERASI PRODUK TERHADAP MINAT GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH. UPMI Proceeding Series, 1(01), 1464-1469.

Putri, N. A., & Siregar, P. A. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa FAI UMSU Menggunakan Dompet Digital. EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan), 8(2), 181-195.

Rahayu, R. S., & Siregar, P. A. (2023). Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19-34.

Rahmayani, H., Zuhirsyan, M., & Wathan, H. (2021). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah pada PT Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 153-162.

Restiana, D., & Fasa, M. I. (2024). Strategi Pemasaran Perbankan Syariah Untuk Mendorong Minat Menabung Generasi Z di Perbankan Syariah Menuju Era Digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(10), 1-16.

Riya, F. F. (2024). Determinan Minat Produk Tabungan BCA Syariah dengan Pendekatan Extended TPB (Studi pada Generasi Z di Wilayah Jakarta Selatan) (Bachelor's thesis), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Jakarta.

Sadiah, M., & Puspa, D. A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, dan Aksesibilitas terhadap Minat Menabung Generasi Z pada Bank Syariah. Quranomic: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), 25-43.

Saputra, S. D. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Pengajuan Pembiayaan di Bank Syariah pada Masyarakat Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa. Journal of innovation Research and Knowledge, 1(9), 867-882.

Shabri, H. (2022). Transformasi Digital Industri Perbankan Syariah Indonesia. El-Kahfi. Journal of Islamic Economics, 3(02), 228-234.

Siregar, S., & Pradesyah, R. (2023). Pengaruh Digitalisasi Perbankan Melalui Self Service Technology terhadap Kepuasan Nasabah Penggunaan Layanan Digital Bank Syariah pada Bank Syariah Indonesia KCP Kabanjahe. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 114-128.

Subardi, L. (2018). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Nasabah terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Digital di Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 40-51.

Sugiarti, D. (2023). Literasi Keuangan Syariah Generasi Z dan Minatnya pada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Siswa SMK di Jakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 766-772.

Suhada, A. Z. (2023). Determinan yang Mempengaruhi Minat Menabung Milenial di Bank Syariah. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(2), 243-255.

Sunardi, S., & Siregar, P. A. (2023). The Influence of Knowledge, Benefit, and Risk on Customer Interest in Using The BSI Qris Electronic Payment System at BSI KCP Indrapura. JURNAL EKONOMI SYARIAH, 8(1), 64-75.

Vebiana, V. (2018, October). Perbankan Digital, Pengalaman Pelanggan, dan Kinerja Keuangan Bank Syariah. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 747-751).

Widyawaty, D. K., & Widyaningsih, M. (2024). Analisis Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Layanan Digital, dan Kualitas Produk terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Masyarakat Solo Raya). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(1), 67-77.

Wibowo, M. B. S., & Iqbal, M. (2021). Faktor Pengetahuan dan Religiusitas Generasi Z terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 93-106.

Yasin, R. M., Lailyah, N., & Edris, M. (2024). Analisis Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial. Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 75-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v1i1.24469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novia Syahrani, Pani Akhiruddin Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/