ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) WARUNG MAKAN INDONESIA DI MALAYSIA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA UMKM DI SLANGOR MALAYSIA

Amrul Holisin, Ira Hasti Priyadi

Abstract


UMKM adalah sarana untuk meningkat perekonomian negara yang dilakukan oleh Masyarakat Indonesia sendiiri, sehingga untuk meningkatkan UMKM di Negara Indonesia diperlukan pemasaran yang inovatif dan modern. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bauran pemasaran (marketing mix) pada warung makan Indonesia pada UMKM warung makan ayam penyet bahagia yang merupakan UMKM indonesia yang berada di negara malaysia. UMKM merupakan kepanjangan dari usaha mikro kecil menengah di mana pelaku UMKM mampu mengimbangi pengeluaran dari pelakunya, dalam artian pelaku UMKM tidak hanya menjadi konsumen saja melainkan menjadi produsen serta memasarkan usahanya dengan pemasaran yang lebih moderen dari usaha yang mereka bangun sehingga mengurangi beban negara dalam hal kemiskinan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara mengobservasi tempat dan mewawancarai pihak terkait. Hasil dari penelitian ini adalah mengungkapkan hasil serta kesesuaian prosedur bauran pemasaran (marketing mix) dalam pandangan ekonomi islam pada warung makan ayam penyet bahagia di jalan bunga tanjung 1 kampung baru hicom Slangor Malaysia.


Keywords


UMKM; Bauran Pemasaran; Malaysia.

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, Yoga. (2020). Analisis Srategi Pemasaran Makanan Tradisional Rengginang. Universitas Serang Raya Y. 13.02. 267–76

Andika, Ferry. (2012). Analisis Strategi Marketinggumati Cafe Dalam Meningkatkan Konsumen Menurut Perspwktif Ekonomi Islam. jurnal ekonomi islam al-infaq. 3.1. 1–54

Aviananda, Della Ika, Muhammad Ersya Faraby. (2024). Strategi Pemasaran Depot Bakso Pak Rin Sidoarjo dari Syariah Marketing Mix. Universitas Trunojoyo Madura. pp. 13–20

Fauzia, Ika Yunia.(2013). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana.

Firdaus, Rahmat, Asmanelita Faizasari, Mahmud Yunus Batusangkar, and Universitas Negeri Padang. (2022). Analisis Marketing Mix dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Study Pada Masrakat Pelaku UMKM Kue Kering Di Kabupaten’, Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3.5. 2879–97

Gumilang, Galang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. 2.2.

Iswanto, Juni, Dewi Fitrtotus, Sa Diyah, and Agus Tohawi. (2023). Strategi Pemasaran Yang Efektif : Meningkatkan Omzet Penjualan Roti Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Di Mawaddah Bakery Bandar Lor Kediri. Journal on Education, 05.04. 17807–13

Jazilinni’, Naili. (2022). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Ekonomi Syariah UMKM Hasma Jaya Lestari’. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation. 18–32

Melinia, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. (2021). Implementasi Marketing Mix Strategy Terhada Peningkatan Penjualan UMKM Aneka Kripik Sungkai Jaya Di Tinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah). 8.2. 271–95

Mursalin, Adi. (2023). Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Nasuka, Moh. (2021). Ετικα Pemasaran Dalam Perspektif Islam. UNISNU Press.

Oktapianih, Nurul, Ali Makfud, and Setiya Afandi. (2023). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jual Beli Makanan Dengan Sistem All You Can Eat. Syar’ie : Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6.2. 169–79, doi:10.51476/syarie.v6i2.541

Parakksi, Idris. (2020). Pemasaran Syariah Era Digital. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.

Rachmawati, Rina. (2011). Peranan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Terhadap Peningkatan Penjualan ( Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran )’, 2.2. 143–50

Ramdan, Asep Muhamad, dkk. (2023). Manajemen Pemasaran. Sukabumi: Penerbit Haura Utama.

Rustiray, Dwi sieke, Milka Pasulu, and Andi Hendra Syam. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ss Cofe Space’, Jurnal Online Manajemen ELPEI, 1.1. 24–31, doi:10.58191/jomel.v1i1.13

Shobikin. (2023). Penerapan Marketing Mix Syariah Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0dalam Perspektif Ekonomi Syariah’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9.1. 1183–88

Sudartono, Acai Sudirman Tiris, dkk. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital, ed. Widina Bakti Persada Bandung.

Zahrah, Atikah, Silvya L Mandey, and Marjam Mangantar. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9.4. 216–26

Zakariah, Eneng Fitri., Arief Bowo Prayoga Kasmo & Lucky Nugroho. (2023). Peran Dan Fungsi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Memitigasi Resesi Ekonomi Global 2023. 2.4. 1657–68.

Wawancara:

Wawancara Bapak Zulkifli Owner warung makan Ayam Penyet Bahagia, Slangor, Malaysia, 27 Juli 2024.

Wawancara Ibu Rohmatun karyawan warung makan Ayam Penyet Bahagia Slangor Malaysia, 27 Juli 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v9i2.22501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 amrul - kholisin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/