Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Garnita Ulfah Fauziah, Nila Nurochani, Nila Nopianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan populasi Mahasiswa STEI Ar-Risalah tahun ajaran 2018-2021 yang memiliki Aplikasi Shopee, dimana purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Aplikasi statistik IBM versi 26 digunakan untuk membantu peneliti dalam menganilasa data penelitian melalui analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian ini bahwa Fitur E-Commerce Shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal ini ditunjukan oleh hasil uji t yang memperlihatkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (19,295 > 1,667) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 berarti lebih kecil dari standar 0,05.


Keywords


Fitur E-Commerce , Fenomena Shopee, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Mahi M. Hikmat. (2011).Metode Penelitian,Dalam Presfektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra,cetakan ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ainy , Zuhria Nurul. 2020. Skripsi. Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon.

Alif, Lam dkk. 2019. Skripsi. Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.

Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Anatasya, Nadya. 2020. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Fitur Shopeepaylater terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa FISIP USU. Universitas Sumatra Utara Medan.

Ardiyana, Hidayah. 2019. Jurnal. Jual Beli E-commerce Dalam Persfektif Hukum Islam. Volume 17 Nomor 1.

Az-Zuhaili, Wahbah. 2011. Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Jakarta : Gema Insani

Ega, Choirul. 2019. Skripsi. Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Angkatan 2015 (Ekonomi Islam).

Farah & Clarashinta. 2021. Jurnal. Pengaruh Penggunaan Pembayaan Shopeepay later terhadap perilaku konsumsi Islam generasi milenial di Surabaya

Faizah, Ainun. 2020. Skripsi. Pengaruh Kemudahan E-commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN. Sunan Ampel Surabaya (Dalam Tinjauan Teori McDonaldisasi George Ritzer). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hanafi,dkk. 2011. Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Website Ub Terhadap Sikap Pengguna Dengan Pendekatan Tam. Malang: Universitas Brawijaya.

Haryanti, Sri & Tri Irianto. 2011. Jurnal. Rancang Bangun Sis tem Informasi E-commerce Untuk Us aha Fas hion Studi Kas us Omah Mode Kudus . Journal SpeedSentra Penelitian Engineering dan Eduk asi, Vol.3 No.1

Hasna, Vita. 2021. Skripsi. Faktor-Faktor yang mempengaruhi penggunaan fitur spaylater pada aplikasi shopee dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif.

Hidayati, Afifah dkk. 2020. Jurnal. E-commerce Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. IKIP PGRI Bojonegoro.

Hudaibah, Maria. 2015 ”Transaksi Shopee di Indonesia Terbesar di ASEAN ”. https://swa.co.id/swa/trends/technology/transaksi-shopee-di-indonesia-terbesar-di-asean diakses 24 Mei 2022

Indrawan, R., & Yaniawati, P. 2016. Metodologi Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, pembangunan, dan Pendidikan (Revisi). Bandung: PT Refika Aditama.

Kanserina, D. 2015. Skripsi. Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015.

Kurnia, Tesa. 2020. Skripsi. Dampak Terpaan E-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswi fakultas dakwah dan komunikasi UIN suska Riau

Kotler dan Amstrong. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT. Indeks..

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 14thed. New Jersey: Pearson Education.

Kozinets, R. V., De Valck, K., Wojnicki, A. C., dan Wilner, S. J. 2010. Jurnal. Networked narratives: Understanding word-of-mouth marketing in online communities. Journal of marketing, 74(2), 71-89.

Lailatul, Aulia. 2019. Jurnal. Analisis Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pda Mahasiswa Di Prodi Manajemen Universitas Tidar). Jurnal Online Mahasiswa Manajemen, Vol 1 No 1.

Lestari, Dwi. 2021. Skripsi. Pengaruh E-commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop. IAIN Ponorogo.

Leliya, dkk. 2020. E-Commerce Erilaku Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa muslim Survey Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. Cirebon : CV. Elsi Pro

Mustafa,dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Olahraga. Penerbit: Universitas Negeri Malang.

Nurul, Zuhria. 2020. Jurnal. Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), Vol. 4, No. 2, Hal. 226-235.

Pradana, Mahir. 2015. Jurnal. Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia. MODUS Vol.27

Nuryadi,dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Rian, Fera. 2020. Skripsi. Pengaruh penggunaan aplikasi belanja online dan fasilitas Digital Payment perilaku konsumtif mahasiswa program studi akuntansi syariah di IAIN surakarta.

Sari, Venia Afrilia. 2017. Skripsi. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang) . Universitas Diponegoro Semarang.

Saswianaa, dkk. 2020. Jurnal. Pengaruh E- commerce Terhadap Perilaku Konsumen Dan Keputusan Pembelian Produk Online Shop (Studi Kasus Mahasiswa Stiem Bongaya)

Septianie, Inggri. & Tirta, Mariati. 2020. Jurnal. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Secara Online Pada Platform E-commerce Lazada Indones ia. Winter Journal, Vol.1 No.1

Siyoto dan Ali, 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yograkarta : Literasi Media Publishing

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2010. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Vicky, Zabrina. 2018. “Sudah Tau Kelebihan Shopee dibandingkan E-Commerce Lainnya?”. https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/sudah-tahu-kelebihan-shopee-dibanding-e-commerce-lainnya/?__classic__=1 di akses 24 Mei 2022

Yanti, Fitri. 2018. Skripsi. Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Locus Of Control,Dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Pada Pelaku Bisnis Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Yudasella, I. F., & Krisnawati, A. 2019. Jurnal. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Bandung. JMM Online.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v7i2.12665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Garnita Ulfah Fauziah, Nila Nurochani, Nila Nopianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/