Perbandingan Return dan Trading Volume Activity pada masa Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 pada Emiten Syariah Sektor Healthcare di Bursa Efek Indonesia

Risqa Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui return saham  dan trading volume activity saham sebelum dan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor healthcare yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan komparatif kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan event study dari return saham dan trading volume activity 1 tahun sebelum pandemi dan 1 tahun selama pandemi.  Analisis data dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada return saham sebelum dan selama pandemi, dan terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity saham sebelum dan selama pandemi. Hasil pengujian menunjukkan gambaran tentang volatilitas return saham dan trading volume yang mengalami fluktuasi tajam pada masa pandemi. Oleh karena itu, hendaknya investor berinvestasi pada sektor healthcare dimasa yang akan datang, dikarenakan sektor healthcare dianggap menjanjikan dari masa ke masa serta dengan adanya pandemi covid-19 prospek sektor tersebut semakin menjajinkan.


Keywords


return, trading volume activity, covid

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Alaidin, U. (2020). Investor Sambut Kebijakan New Normal IHSG Naik 1,78% ke 4.626,8. https://katadata.co.id Diakses pada 17 November 2021.

Darmadji, T dan H.M. Fakhruddin. (2011). Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab (Edisi Ketiga). Selemba Empat. Jakarta.

Dewi, C.K., dan Masthoh, R. (2020). JKSE and Trading Activities Before After Covid-19. Journal of Accounting and Business Management, 4(1), 1–6.

Husnan S. (2010). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. UPP YKPN. Yogyakarta.

Kusmawati, S. (2021). Dampak Dumumkannya Kasus Covid-19 Serta Kebjakan New Normal Terhadap Perubahan Harga Dan Volume Perdagangan Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Muthahara, S.A. dan Rini Yunta. (2021). Analysis of Abnormal Return and Trading Volume Activity Difference Before and After the Announcement of New Normal Implementation by President Joko Widodo: Study on LQ 45 in the Indonesai Stock Exchange. I.J of Advanced Research in Economics and Finance.

Sugiyono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

________. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Tandelilin E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi. PT. Kanisius, Yogyakarta

World Health Organization (WHO). (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. South-East Asia. Indonesia. https://www.who.int/indonesia/ news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public. Diakses pada 23 Maret 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v7i2.11981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Risqa Khairunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/