Pengaruh ROA, FDR, dan CAR Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Periode 2017-2020

Rofiqoh Ferawati, Khairiyani Khairiyani, Nurmala Nurmala

Abstract


Riset ini memiliki tujuan untuk memberi gambaran empirik mengenai kajian pengungkapan sistem bagi hasil deposito Mudarabah pada bank umum syari’ah yang terdaftar pada Bank Indonesia. Riset ini berjudul Pengaruh ROA, FDR, dan CAR terhadap  bagi hasil Deposit Mudarabah. Metode riset yang dipergunakan pada riset ini adalah metode riset kuantitatif, sedangkan sumber data sendiri berasal dari dari OJK dan rekening bank yang diterbitkan oleh masing-masing bank, yaitu sebagai data sekunder. Sementara sampel yang digunakan penulis adalah 12 sampel penelitian yang tersiri dari 12 bank pada Bank Indonesia, dengan jumlah tahun sebanyak 4 tahun pengamatan yaitu dari tahun 2017 hingga 2020. Subyek survei terdiri dari 15 bank umum syari’ah yang ada pada Bank Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang penulis gunakan adalah teknik sampel tertentu berdasarkan kriteria tertentu, dan dari 15 bank umum syari’ah, ada 12 bank yang masuk pada kriteria yang ditetapkan. Data dianalisis memakai aplikasi SPSS 23.0 dan uji  regresi linier berganda sebagai metode analisis data untuk menguji hipotesisnya. Uji data pada riset ini pertama-tama memakai uji asumsi klasik, yakni terdiri dari uji multikolonieritas, uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Sdangakn untuk uji hipotesa memakai uji F, uji t, dan Uji R2. Dari hasil riset ini didapatkan bahwanya ROA dan CAR tak berpengaruh signifikan pada profit sharing ratio deposit mudarabah, sementara FDR memiliki pengaruh yang signifikan pada profit sharing ratio deposit mudarabah.


Keywords


ROA, FDR, CAR, Tingkat Bagi Hasil Deposit Mudarabah

Full Text:

PDF

References


Afitri, Nur. “Pengaruh CAR, ROA, BOPO, Dan FDR Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017-2019.” PhD Thesis, IAIN Ponorogo, 2020.

Ak, Drs Ismail, MBA. Perbankan Syariah. Kencana, 2017.

Andryani Isna, K., dan Kunti Sunaryo. “Analisis Pengaruh Return On Asset, BOPO, Dan Suku Bunga Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah.” Jurnal Ekonomi Bisnis 11, no. 01 (2012): 30–41.

Anggraini, Livia Nur. “Pengaruh CAR Dan NPF Terhadap Prediksi Financial Distress Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia tahun 2014-2018.” PhD Thesis, IAIN Ponorogo, 2020.

Fadli, Achmad Agus Yasin. “Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap Bagi Hasil Deposito Mudharabah pada Bank Syariah Mandiri.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship 8, no. 1 (2018): 98–113.

Harfiah, Laila Mugi, Atiek Sri Purwati, dan Permata Ulfah. “The Impact of ROA, BOPO, and FDR to Indonesian Islamic Banks’ Mudharabah Deposit Profit Sharing.” Jurnal Ekonomic 15 (2016).

Haryono, Slamet. Analisis Laporan Keuangan : Perbankan syariah. Pustaka Sayid Sabiq, 2009.

Rahayu, Siti. “Pengaruh return on asset, BOPO, suku bunga dan capital adequacy ratio terhadap tingkat bagi hasil deposito mudharabah pada perbankan Syariah.” Journal Of Accounting 1, no. 1 (2015).

Rahmatika, Dewi. “Pengaruh Return On Asset, Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Dengan Capital Adequacy Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank BRI Syariah Periode 2013-2020.” Diploma, IAIN Ponorogo, 2021. http://etheses.iainponorogo.ac.id/13469/.

Umiyati, Umiyati, dan Shella Muthya Syarif. “Kinerja Keuangan Dan Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam 4, no. 1 (2016): 45–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v7i2.11620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rofiqoh Ferawati, Khairiyani Khairiyani, Nurmala Nurmala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Publisher:
 
Address: Jln. IAIN No. 1 Sutomo Ujung, Medan, Indonesia
WhatsApp: 085362628644
E-Mail: tawassuth@uinsu.ac.id
 
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/