Potensi Marketplace dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Susu Sapi Perah pada Masa Pandemi Covid19 di Desa Kradinan

Suseno Hendratmoko, Ahmad Idris

Abstract


Berkurangnya hasil produksi serta berkurangnya akses pemasaran produk susu serta olahan sapi perah di desa Kradinan Kabupaten Tulungagung, sebagai akibat pandemi covid19 turut dirasakan para peternak sapi perah. Dengan kendala yang dihadapi ini, sebagai langkah antisipasi kendala yang mungkin terjadi di masa yang akan datang serta untuk lebih meningkatkan promsi dan penjualan dari peternak sapi dan olahannya, maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini memberikan tambahan pemahaman penggunaan marketplace yaitu tentang konsep pasar, manfaat dan keuntungan pemasaran, cara kerja pasar, proses pembuatan, cara mendaftar dan membuat berbelanja di toko online. 

Kegiatan diawali dengan metode ceramah dan demonstratif terkait pemahaman marketplace dan macamnya. Metode pendampingan dilaksanakan pada saat masyarakat sasaran mengumpulkan data di lapangan. Evaluasi hasil pendampingan dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan ini. Setelah pendampingan selesai tampak adanya perubahan sikap dari masyarakat sasaran.


Keywords


Kradinan, Covid19, Pemasaran, Olahan Sapi Perah, Marketplace.

Full Text:

PDF

References


Achroni, D. (2017). Kiat Sukses Usaha Ternak Sapi Perah Skala Kecil. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.

Alrubaiee, L., Alshaibi, H., & Al-Bayati, Y. (2012, June 1). Relationship between B2B ECommerce Benefits, E-Market- Place Usage and Supply Chain Management Relationship between B2B ECommerce Benefits, E-Marketplace Usage and Supply Chain Management. Global Journal of Management and Business Research, 12, 22 - 36. Retrieved June 21, 2022, from http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167811620300835

Badan Pusat Statistik Tulung Agung. (2018, 06 04). https://tulungagungkab.bps.go.id/. Retrieved from https://tulungagungkab.bps.go.id/: https://tulungagungkab.bps.go.id/statictable/2018/05/04/2895/ternak-besar-menurut-desa-dan-jenisnya-kecamatan-pagerwojo-2016

Budiarto , R. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM PRESS.

Clouder, L., & King, V. (2015, June). “What Works? A Critique of Appreciative Inquiry as a Research Methodology”. Journal of Advanced Nursing, 169 - 190. Retrieved June 16, 2022

Hasbullah , R. (2014). Model pendampingan UMKM pangan melalui inkubator bisnis perguruan tinggi. 19(1), 43 - 49.

Jamrozik, E. (2021). The Effect of the Covid-19 on Sharing Economy Activities. Journal of Cleaner Production, 39(4), 633 - 640. doi:https://doi.org/10.1016/j.vaccine.2020.10.075

Loong Chong, A. Y. (2018, July 1). The Role of Social Media in Enhancing Guanxi and Perceived Effectiveness of E-Commerce Institutional Mechanisms in Online Marketplace. Information & Management, 55, 621 - 632. Retrieved June 20, 2022

Mediatama, G. (2020, April 30). kontan.co.id, Electronic. Retrieved June 18, 2022, from http://nasional.kontan.co.id: http://nasional.kontan.co.id/news/sejumlah-faktor-ini-mengancam-pertumbuhan-ekonomi-indonesiatahun-2020.

Muhyanto. (1997). Eknomi Rakyat, Program IDT Dan Demokrasi Ekonomi Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media.

Niagahoster Blog. (2020, December 2). Retrieved from Apa Itu Marketplace? Simak Pengertian, Contoh & Jenisnya: https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/

Pemerintah Desa Kradinan. (2020).

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menuju Fase Negatif Pada Kuartal II | Ekonomi. (2020, June 8). Retrieved June 18, 2022, from https://ekonomi.bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200608/9/1250035/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-menujufase-negatif-pada-kuartal-ii.

Prasetyo, E. (2008). Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran. Akmenika Upy, 2(1), 1-13.

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi Pemberdayaan Umkm Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. Jakarta: Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan.

Sumodiningrat, G. (1998). Membangun Ekonomi Rakyat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Xue, H., & Zheng, R. ( 2020). Word-of-Mouth Communication, Noise-Driven Volatility, and Public Disclosure. Journal of Accounting and Economics.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/shihatuna.v2i2.11950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suseno Hendratmoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Shihatuna : Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat

Diterbitkan Oleh :
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Editorial Office:
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235