Penanaman Pendidikan Karakter dan Metode Story Telling

Firda Agustina

Abstract


Setiap orang tua memiliki keinginan anaknya untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang pintar, rajin, Cerdas dan berakhlakul karimah. Kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah.  Salah satu yang harus dikembangkan adalah dengan memberikan pendidikan pada anak . Pendidikan dilakukan yakni dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang termuat dalam UUD. Akhir-akhir ini pendidikan karakter menjadi isue yang hangat dibicarakan. Apa sih dampak dari pendidikan karakter terhadap perkembangan anak anak? dengan menanamkan pendidikan karakter pada anak, maka anak tersebut dapat menjadikan anak tersebut cerdas dalam emosinya. Karena kecerdasan emosi merupakan bekal untuk masa depannya supaya mereka dapat menyongsong masa depan mereka agar mereka berhasil dalam menghadapi sebuah tantangan, memiliki rasa percaya diri, mempunyai rasa kerja sama, memiliki rasa empati yang tinggi dan mampu dalam berkomunikasi dengan baik. Pendidikan karakter harus dimulai sejak dini, karena karakter dalam diri seseorang akan sulit muncul tanpa adanya bimbingan dari para pendidik.


Keywords


Pendidikan, karakter.

Full Text:

PDF

References


Barnawi, Pembelajaran Pendidikan Karakter, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media 2016.

Fakhroni, Ahmad Alfiyan. Pendidikan Di Era Digital, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3, No. 2, (April 2018).

Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta; Ar-Ruzz Media 2014.

Fitroh, Siti Fadjryana. Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini, Jurnal Pg-Paud Trunojoyo, Volume 2, Nomor 2, (Oktober 2015).

Hasbullah. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam), Jakarta; Rajawali Pers 2012.

M, Mansyur. Pengembangan Nilai Moral Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B Di TK Pembina Kota Kendari, Jurnal Gema Pendidikan Vol. 26 Nomor 1, (Januari 2019).

Murdiono, Mukhamad. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Kependidikan, Volume 38, Nomor 2, (November 2008).

Mutia, Cut. Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia dini, Jurnal Infantia, Vol. 4 Nomor 2, (Agustus 2016).

Pudjawan, Ketut. Penerapan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Moral Anak Kelompok B Paud Widya Laksmi, E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 4. No. 2 (Tahun 2016).

Sani, Ridwan Abdullah. Pendidikan Karakter, Jakarta; Bumi Aksara 2016.

Setiantono, Try. Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di Paud Smart Little Cilame Indah Bandung, Jurnal Empowerment Vol 1, Nomor 2, (September 2012).

Sihite, Bundiati D. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Usia Dini, Vol. 2, No.1, (Juni 2016).

Sudaryanti. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak, Vol 1, Nomor 1, (Juni 2012) .

Suwarno, Wiji. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta; Ar-Ruzz Media 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v10i2.6408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.