Konsep Kebahagiaan menurut Ibnu Sina

Amir Reza Kusuma, Rakhmad Agung Hidayatullah

Abstract


Kebahagiaan menurut Ibnu Sina menarik untuk di bahas karena diperoleh melalui banyaknya ilmu pengetahuan dan bisa diamalkan melalui akal mustafad. Banyak para tokoh mencoba menguraikan keberadaannya. Namun dalam kajian tersebut, ada anggapan para filosof Muslim dalam menguraikan masalah hanya menyalin ulang dari para filosof Yunani. Hal ini dijelaskan oleh salah satu tokoh filosof Muslim, yaitu Ibnu Sina. Ia menjelaskan pembahasan dalam filsafat Islam yang berasaskan wahyu berbeda dengan Barat yang berasaskan rasio dan empiris.Kajian ini studi literatur dengan menggunakan metode diskriptif-analisis. Dalam pembahasan ini penulis menghasilkan kesimpulan penting.  Pertama, Konsep kebahagiaan Ibnu Sina berbeda dengan Barat. menurut Ibnu Sina jiwa mendapatkan kenikmatan dan kesengsaran di hari akhir. Ibnu Sina membaginya menjadi beberapa kategori. Pertama, jiwa sempurna karena ilmu dan amal. ilmu akan menjadi pondasi untuk mengukuhkan kehidupan manusia. aksi berpikir dan berkembang dalam mencapai tingkatannya hingga mencapai tingkat akal mustafad yang siap untuk memancarkan hal-hal rasional


Keywords


Ibn Sina, happiness, knowledge, mustafad akal

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abdullah bin Muhammad al-Mishri. (2010). Syarhu Maalimi Ushuli ad-Din li al-Imam ar-Razi. Daru al-Fathi.

Abu Hamid Al-Ghazali. (1990). Tahafut Al-Falasifah. Dar al-Ma’arif.

Abu Hamid al-Ghazali. (1986). At-Tibr al-Masbuk fi nasīhat al-Muluk. alMu’asasat al-Jami’iyat.

Amir Reza, K. (2022). Konsep Hulul Menurut Al-Hallaj Dan Penempatan Posisi Tasawuf. Jurnal Penelitian Medan Agama, 12(1), 45–55.

Aristotle. (1983). Aristotle Physics Books III and IV Ed. Edward Hussey. Clarendon Press.

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fakhruddin Al-Razi. (1408). Al-Mathalib al-‘Aliyah Fi ‘Ilm al-Ilahiyyah. Darul Kitab al-‘Arabi.

Fakhruddin Al-Razi. (1991). Syarh ‘Uyun Al-Hikmah. Muassisah Shadiqah.

Ibnu Katsir. (1999). Tafsir al-Quranil ‘Adzim. Dar l-Kutub Islami.

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

Jarman Arroisi, Amir Reza Kusuma. (2022). Menelaah Problem Terapi Yoga Perspektif Ibnu Taimiyah. Jurnal Penelitian Medan Agama, 12(2), 90–99.

Kusuma, A. R. (t.t.). Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. 15. https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386

Kusuma, A. R. (2021). PROBLEM KONSEP KOMUNIKASI BARAT (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Michael E. Marmura. (1984). “The Metaphysics of Efficient Causality in Avicenna (Ibnu Sina),” in Islamic Theology and Philosophy; Studies in Honor of George F. Hourani. State University of New York Press.

Muhammad bin Mukrim Ibn al-Manzhur Al-Ifriqi. (1414). Lisan Al-‘Arab. Dar al-Shadir.

Muhammad Syifa’urrahman & Amir Reza Kusuma. (2022). قضية صفات الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 18(1), 153–188. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876

Sina, I. (1938). Kitab Al-Najat Fi Al-Mantiq Wa Al-Ilahiyyat Bagian 1, 2-3. Dar al-Afaq aladidah.

Sina, I. (1952). Ahwal An-Nafs, Ditahkik Oleh Ahmad Fu‘ad Al-Ahwani. Dar Ihya Al-kutub Al- Arabiyah.

Sina, I. (1975). Asy-Syifa Ath Thabiyyat an-Nafs. Haiah Misrhriyah al-Ammah lil Kitabah.

Sina, I. (1982). Kitab Al-Najah Fi Al-Hikmah Al-Mantiqiyah Wa Al-Tabi‟yah Wa Al-Illahiyah. Dar al-Afaq al-Jadidah.

Sina, I. (1983). Al-Isyarat Wa Al-Tanbihat. Dar alMa’arif.

Utsman Najati, M. (2002). Jiwa Dalam Pandangan Para Filosof Muslim Cet.1. Pustaka Hidayah.

Zarkasyi, H. F. (2011). Ibn Sina’ s Concept of Wajib al-Wujud. TSAQAFAH, 7(2), 375. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v7i2.6




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v14i1.14175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.