Model Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Sekolah Inklusif
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang luas baik dari segi geografis maupun budaya, dengan melihat luasnya wilayah tersebut tentunya tiap-tiap sumber daya manusia pada tiap-tiap wilayah menjadi lebih beragam. Dengan fenomena banyak jumlah anak berkebutuhan khusus sementara keberadaan sekolah luar biasa terbatas pada tiap kabupaten di indonesia menyebabkan banyak orang tua menyekolahkan anaknya yang berkebutuhan khusus di lembaga pendidikan formal, sehingga menuntut sekolah menyesuaikan diri atas kehaduran mereka dengan menjadi lembaga pendidikan yang ramah dan inklusif terhadap peserta didik apapun kondisinya. Salah satu upayanya yaitu mengembangkan kurikulum sekolah inklusif yaitu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode kepustakaan atau literature. Artikel ini penulis membahas tentang model pengembangan kurikulum adaptif, dimana kurikulum adaptif sendiri merupakan kurikulum yang menyesuaikan kondisi, situasi, kebutuhan di lapangan sehingga dapat dilaksanakan oleh guru. Penulis juga berfokus pada sekolah inklusif yang bertujuan untuk mengembangkan kurikulum adaptif yang didakamnya terdapat model duplikasi, modifikasi, substansi, dan omisi. Maka penulis mengharapkan hasil dari penelitiannya dapat menjadi suatu referensi alternatif dalam mengimplementasikan dan memilih model kurikulum adaptif di sekolah inklusi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiyanto dkk. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Ishartiwi. 2006. Implementasi Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Sistem Persekolahan Nasional. Jurnal Pendidikan Vol. 6 No. 2.
Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press.
Nasution, S. 1991. Pengembangan kurikulum. Bandung: Citra Aditiya Bhakti.
Nizar. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Praptiningrum, P. 2010. Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 7 No. 2.
Sudjana, Nana. 1991.Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.
Sugiyono. 2017. Metide Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung, CV Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparlan. 2011. Tanya Jawab Perkembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Penelitian Medan Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.