Model Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Sekolah Inklusif

Imam Syafi’i, Laily Rosyidah

Abstract


Indonesia merupakan Negara yang luas baik dari segi geografis maupun budaya, dengan melihat luasnya wilayah  tersebut tentunya tiap-tiap sumber daya manusia pada tiap-tiap wilayah  menjadi lebih beragam. Dengan fenomena banyak jumlah anak berkebutuhan khusus sementara keberadaan sekolah luar biasa terbatas pada tiap  kabupaten  di indonesia  menyebabkan  banyak   orang  tua  menyekolahkan anaknya  yang   berkebutuhan  khusus  di lembaga  pendidikan  formal,  sehingga menuntut  sekolah  menyesuaikan  diri atas  kehaduran  mereka  dengan  menjadi lembaga  pendidikan   yang ramah  dan  inklusif   terhadap peserta  didik apapun kondisinya.   Salah   satu  upayanya   yaitu   mengembangkan  kurikulum   sekolah inklusif yaitu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus.   Metode   yang digunakan   dalam   penulisan   artikel  ini  yaitu   metode kepustakaan  atau  literature. Artikel ini penulis  membahas tentang model pengembangan kurikulum  adaptif,  dimana kurikulum  adaptif sendiri  merupakan kurikulum  yang  menyesuaikan kondisi,  situasi,  kebutuhan di lapangan sehingga dapat dilaksanakan  oleh guru. Penulis  juga berfokus pada sekolah inklusif  yang bertujuan untuk  mengembangkan  kurikulum   adaptif  yang didakamnya  terdapat model duplikasi, modifikasi,  substansi, dan omisi. Maka penulis mengharapkan hasil dari penelitiannya dapat menjadi suatu referensi alternatif dalam mengimplementasikan  dan memilih  model kurikulum  adaptif di sekolah inklusi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.


Keywords


Kurikulum; Adaptif; sekolah Inklusif

Full Text:

PDF

References


Budiyanto dkk. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Ishartiwi. 2006. Implementasi Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Sistem Persekolahan Nasional. Jurnal Pendidikan Vol. 6 No. 2.

Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press.

Nasution, S. 1991. Pengembangan kurikulum. Bandung: Citra Aditiya Bhakti.

Nizar. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Praptiningrum, P. 2010. Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 7 No. 2.

Sudjana, Nana. 1991.Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI.

Sugiyono. 2017. Metide Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung, CV Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparlan. 2011. Tanya Jawab Perkembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.