JALUR TERPENDEK LOKASI WISATA BUDAYA DI KOTA PADANG MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

Sari Puspita, Gusrino Yanto

Abstract


Kota Padang memiliki berbagai obyek wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya wisata budaya. Minimnya informasi tentang lokasi wisata budaya menyebabkan tidak banyak wisatawan mengunjungi obyek wisata tersebut. Pada penelitian ini akan dibahas tentang  penentuan jalur terpendek wisata budaya yang ada di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam menentukan jarak terpendek dalam penelitian ini adalah Algoritma Dijkstra. Lokasi wisata budaya diilustrasikan sebagai titik dimana jarak antar lokasi ditentukan dengan bantuan Google Maps. Bandara Internasional Minangkabau dipilih sebagai titik awal dan Mesjid Raya Ganting yang memiliki jarak terjauh dari BIM dipilih sebagai titik akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari jalur terpendek lokasi obyek wisata budaya di kota Padang sehingga dapat membantu wisatawan sehingga lebih hemat waktu dan biaya. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan Algoritma Djikstra, diperoleh jalur terpendek dari titik awal ke titik akhir dengan jarak 27,3 km.


Keywords


wisata budaya, Algoritma Dijkstra

Full Text:

PDF

References


I. Choirunnisa et al., “STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BUDAYA STUDI KASUS: KAWASAN PECINAN LASEM, KAMPUNG LAWAS MASPATI, DESA SELUMBUNG,” Jurnal Kajian Ruang, vol. 1, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr

N. Hartaman et al., “Strategi Pemerintah Dalam Pengembangan Wisata Budaya Dan Kearifan Lokal Di Kabupaten Majene”.

R. E. Putri, “PENGEMBANGAN WISATA KOTA PADANG SEBAGAI DESTINASI WISATA KOTA DI SUMATERA BARAT,” Jurnal Spasial, vol. 3, no. 1, 2016.

Master SEO, “Wisata Budaya di Kota Padang,” https://rentalmobilpadang.co.id/wisata-budaya-padang/.

António Gusmão, Sholeh Hadi Pramono, and Sunaryo, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra,” Jurnal EECCIS, vol. 7, no. 2, 2013.

A. Zaki, “ALGORITMA DIJKSTRA : TEORI DAN APLIKASINYA,” Jurnal Matematika UNAND.

I. P. W. Gautama and K. Hermanto, “Penentuan Rute Terpendek dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra pada Jalur Bus Sekolah,” Jurnal Matematika, vol. 10, no. 2, p. 116, Dec. 2020, doi: 10.24843/jmat.2020.v10.i02.p128.

C. S. Rahayu, W. Gata, S. Rahayu, A. Salim, and A. Budiarto, “PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENENTUAN LINTASAN TERPENDEK MENUJU UPT. PUSKESMAS CILODONG KOTA DEPOK,” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 14, no. 1, pp. 81–92, Sep. 2021, doi: 10.15408/jti.v14i1.18721.

N. F. Lakutu, S. L. Mahmud, M. R. Katili, and N. I. Yahya, “Algoritma Dijkstra dan Algoritma Greedy Untuk Optimasi Rute Pengiriman Barang Pada Kantor Pos Gorontalo,” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, vol. 11, no. 1, pp. 55–65, Jun. 2023, doi: 10.34312/euler.v11i1.18244.

H. Pratiwi, “Application Of The Dijkstra Algorithm To Determine The Shortest Route From City Center Surabaya To Historical Places,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 213–223, Jan. 2022, doi: 10.47233/jteksis.v4i1.407.

A. Cantona, Fauziah, and Winarsih, “Implementasi Algoritma Dijkstra Pada Pencarian Rute Terpendek ke Museum di Jakarta,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 6, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi

N. Arif Sudibyo, P. Eka Setyawan, and Y. Putra Surya Rahmad Hidayat, “IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PENCARIAN RUTE TERPENDEK TEMPAT WISATA DI KABUPATEN KLATEN,” Riemann Research of Mathematics and Mathematics Education, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2020.

E. C. Galih and R. A. Krisdiawan, “IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA PADA APLIKASI WISATA KUNINGAN BERBASIS ANDROID,” JURNAL NUANSA INFORMATIKA, vol. 12, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v9i1.20707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.