PENGARUH VARIASI KOMPOSISI KULIT DURIAN DAN BATU APUNG PADA KARAKTERISTIK KERAMIK LANTAI

Masthura Masthura, Miftahul Husnah, Roida Br Sinaga

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Pembuatan keramik lantai dengan campuran kulit durian, batu apung dan tanah liat yang bertujuan untuk mengatahui pengaruh penambahan serbuk limbah kulit durian dan batu apung terhadap kualitas keramik lantai dan untuk mengetahui komposisi pencampuran serbuk limbah kulit durian dan batu apung yang menghasilkan keramik lantai dengan karakterisasi optimal. Komposisi pencampuran kulit durian, batu apung dan tanah liat yang digunakan adalah 5 % : 25 % : 70 %, 6 % : 24 % : 70 %, dan 7 % : 23 % : 70 % : 60 %. Keramik dicetak menggunakan mesin Hot Press dengan tekanan sebesar 10 kg/cm2 dengan suhu 90 °C selama 15 menit. Metode karakterisasi yang digunakan meliputi kekerasan, kuat lentur, daya serap air, porositas, densitas dan SEM (scanning Electron Microscopy). Penambahan serbuk kulit durian dan batu apung berpengaruh terhadap karakteristik keramik lantai yang dihasilkan. Penambahan serbuk kulit durian dan batu apung pada suhu 900 oC dan 1000 oC menyebabkan penurunan pada nilai densitas. Pada suhu 900 oC dan 1000 oC menyebabkan peningkatkan pada nilai porositas, penyerapan air dan kuat lentur dan kekerasan. Keramik yang optimum pada sampel C pada suhu 1000 oC dengan variasi komposisi 70 % : 23 % : 7 % dengan uji penyerapan air, kuat lentur dan kekerasan memenuhi SNI.


Full Text:

PDF

References


Rosmawati, "Pemanfaatan Limbah Kulit Durian Sebagai Bahan Baku Briket Dan Pestisida Nabati," Jurnal Biologi, vol. Vol 5, p. No 2, 2016.

Bahtiar, Pengaruh Variasi Komposisi Terhadap Densitas dan Kekerasan Pada Manufaktur Keramik Laintai, Makassar: Universitas Islam Negeri , 2016.

S. Noer, "Pemanfaatan Kulit Durian Sebagai Adsorben Biodegradable Limbah Domestik cair," Jurnal Pendidikan Biologi, pp. 75-76, 2015.

Y. Wahida, Pengolahan Limbah Kulit Durian Menjadi Lembaran Serat Yang Bernilai Ekonomis Dengan Metode Green Manufacturing, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2019.

A. Andri, Pengaruh Fraksi Volume Terhadap Kekuatan Impact Dan Foto Mikro Komposit Campuran Serat Kelapa Dan Durian, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2017.

Bahtiar, Pengaruh Variasi Komposisi Terhadap Densitas dan Kekerasan Pada Manufaktur Keramik Lantai, Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016.

D. Tahi, “Pengaruh Campuran Debu Vulkanik Gunung Sinabung Terhadap Kekuatan Keramik Konstruksi, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2016.

H. Nababan, Pembuatan Keramik Konstruksi Dari Debu Vulkanik Gunung Sinabung Dan abu Sekam Padi Dengan Polyninyl alcohol sebagai Perekat, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2018.

A. Sitti, Pengaruh Penambahan Cangkang Telur Dan Abu Sekam Padi Dengan Variasi Suhu Terhadap Densitas Dan Kekerasan Pada Keramik, Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.

A. Rizka, Pembuatan Dan Karakteristik Keramik Tradisional Dengan Bahan Baku Kaolin, Kuarsa, Feldspar Dan Clay, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jistech.v9i1.20586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Current Indexing :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.