EFFORT PENGUATAN MUTU MADRASAH SWASTA MENUJU MADRASAH UNGGUL
Abstract
Abstract
Upaya penguatan mutu madrasah harus terus diintensifkan, berbagai masalah madrasah harus dicarikan solusinya atau penyelesaiannya. Manajemen madrasah harus dilaksanakan secara professional, dan kepemimpinan kepala madrasah harus dioptimalkan, serta mampu menghidupkan wirausaha di madrasah.
Tujuan penguatan mutu madrasah harus terus diupayakan, yaitu menjadikan madrasah yang berprestasi dan unggul, dengan indikator prestasi akademik dan non akademik di atas rata-rata, seperti sarana dan prasarana dan layanan lebih lengkap, sistem pembelajaran lebih baik, seleksi penerimaan cukup ketat, mendapat animo yang besar dari masyarakat dan tersedia dana yang cukup.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (natural setting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan mutu madrasah dilakukan dengan manajemen professional, mengoptimalkan kepemimpinan kepala madrasah, dan menumbuhkan wirausaha di madrasah.
Kesimpulan penelitian ini meliputi pengelolaan madrasah dengan sistem manajemen professional, kepemimpinan kepala madrasah dan wirausaha madrasah.
Kata Kunci : Penguatan Mutu, Madrasah Unggul
References
REFERENSI
Ahmad, Muhammad Abdul Kadir. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Alma, Buchari. (2005). Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
An-Nahlawi, Abdurrahman. (2004). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Terjemahan oleh Shihabuddin. Jakarta: GIP.
Budimansyah, Dasim. (2008). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Educationist, 2(1), 63.
Dean, Joan. (1993). Managing The Secondary School. London: Routledge.
Engkoswara, dan Komariah, Aan. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Gelsthorpe, Tony, dan West-Burnham, John. (2003). Educational Leadership and the Community: Strategies for School Improvement Through Community Engagement. London: Pearson.
Hefner, Robert W. (2009). Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia. Honolulu: University of Hawai Press.
Hidayat, Ara dan Machali, Imam. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Educa.
Hornby, Garry. (2011). Parental Involvement in Childhood Education. New York: Springer.
Hoy, Charles, et al. (2000). Improving Quality in Education. London: Falmer Press.
Hoy, Wayne K., dan Miskel, Cecil G. (2008). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill.
Komariah, Ara, dan Triatna, Cepi. (2006). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Maslowski. (2006). A Review of Inventories for Diagnosing School Culture. Journal of Educational Administration, 44(1). Emerald Group Publishing.
Meirawan, Danny. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Masa Depan. Bandung: IPB Press.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Ali. (2010). Qur’anic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga.
Palmer, Joy A. (2001). Fifty Major Thinkers on Education. London and New York: Routledge.
Pidarta, Made. (1997). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. (2008). Dukungan dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Khususnya di Sekolah. Generasi Kampus, 1(2).
Sallis, Edward. (1993). Total Quality Management in Education. London: Kogan.
Sukmadinata, Nana Syaodih, et al. (2008). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama.
Tafsir, Ahmad. (2010). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tobroni. (2012). Percepatan Peningkatan Mutu Madrasah. Tersedia secara daring di http://researchengines.com/drtobroni5-07.html.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v5i3.22695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: