UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MENGANALISIS PEMENTASAN DRAMA BERDASARKAN TEKNIK PEMENTASAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BAGI KELAS XI IPA-2 SMA N 3 KISARAN

Syifa Aramitha Lubis, Yahfizham Yahfizham

Abstract


Fungsi guru dalam proses belajar mengajar adalah sebagai komunikator yang menghubungkan antara murid dan guru. Dengan demikian, seorang guru dalam menjalankan tugasnya harus mampu berkomunikasi dengan baik terhadap muridnya,  melakukan kajian sederhana khusunya dengan pengenalan anak, Menganalisis Pementasan Drama Berdasarkan Teknik Pementasan hasil kajiannya, menyiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan persiapan mengajarnya, termasuk siap tampil menarik dan bertingkah laku sebagai guru, meguasai ilmunya dan siap menjawab pertanyaan dari anak didiknya, menyajikan materi ajar secara konkrit. Masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah cara meningkat kemampuan Menganalisis Pementasan Drama Berdasarkan Teknik Pementasan bagi siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 3 Kisaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions?. Bagaimanakah siswa menyikapi relevansi penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions, pada proses belajar Bahasa Indonesia untuk meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar? Berdasarkan masalah kondisi internal inilah, peneliti membuat hipotesis yaitu melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions kemampuan Menganalisis pementasan Drama Berdasarkan Teknik Pementasan dan prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Hasil penelitian Tindakan kelas ini adalah sebagai berikut pada siklus kedua, siswa yang dapat belajar tuntas sudah mencapai 32 orang (94,11%). Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa hasil siklus kedua dari aspek partisipasi/ keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah tercapai secara optimal, sebab rata-rata presentase yang dicapai sudah 92,27%. Pada siklus kedua, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu dari 34 siswa pada siklus pertama hanya 28 siswa yang termasuk dalam kategori sudah tuntas belajar menjadi 32 siswa (94,11%) yang temasuk dalam kategori Tuntas Belajar. Sehingga pada siklus kedua ini presentase kelulusan siwa sudah mencapai 92,27% artinya penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions sudah dapat penerapan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam “Menganalisis Pementasan Drama Berdasarkan Teknik Pementasan” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa XI IPA-2 SMA Negeri 3 Kisaran.

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. (1998). Didaktik Metodik. Cet.II; Semaran: CV. Toha Putra.

Ali, Nur dan Wahidmurni. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Agama dan Umum, Dari Teori Menuju Praktek. Malang: UIN (UM Pers).

Anonim. (1998). Garis-Garis Beras Haluan Negara. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Boediono. (1998). Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia. Jakarta; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

D, Edward J. (2005). Statistik Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

E, Abdullah, A. (1989). Pokok-pokok Layanan Bimbingan Belajar. Ujung Pandang; Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Ujung Pandang.

Gie. (2005). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.

H, Abdurrahman. (1990). Pengelolaan pengajaran. Bandung: Tarsito.

H, Hudoyo. (1984). Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Usaha Nasional.

Hardjana. (2004). Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Loekmono. (2004). Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

M. Ali. (2005). Guru dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Mardanu. (2007). Peranan Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jakarta: Cakrawala Pendidikan.

Mathis dan Jackson. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

S, Arikunto. (2005). Prosedur Penelitian dan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bina Aksara.

S, Bahri D. (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

S. Mappa. (2005). Psikologi Pendidikan. Ujung Pandang: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Ujung Pandang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v5i1.20266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats