MODERASI BERAGAMA DALAM MASYARAKAT BATAK MUSLIM DI KECAMATAN TELUK NIBUNG KOTA TANJUNG BALAI

Fina Ramadani Sitorus, Irwansyah Irwansyah, Muhammad Jailani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai moderasi beragama batak muslim di kecamatan Teluk Nibung. Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama sesuai esensi ajaran agama dan kepercayaan yang melindungi martabat kemanusiaan. Kecamatan Teluk Nibung merupakan salah satu daerah multietnis yang pada awalnya hanya serumpun dan ditempati oleh suku Melayu sebagai suku dan budaya asli namun sekarang menjadi daerah dengan budaya yang beranekaragam, dimana suku Batak yang menjadi suku mayoritas di teluk nibung, dimana suku batak ini adalah suku pendatang di Teluk Nibung. Banyaknya aktivitas yang berlangsung di kecamatan Teluk Nibung akibat keberadaan pelabuhan yang sangat produktif ini tentu saja menyebabkan kecamatan Teluk Nibung tidak pernah minim kunjungan dari para pedagang antar daerah dan bahkan pedagang dari mancanegara. Banyak diantaranya yang bahkan memilih untuk menetap sehingga meningkatkan keberagaman budaya dan agama di Teluk Nibung itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dan wawancara. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak enam belas orang. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai moderasi beragama masyarakat Batak Islam di kecamatan Teluk Nibung diimplementasikan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari nilai komitmen kebangsaan masyarakat Batak Islam yang menunjukkan usaha membina persatuan dan kesatuan dengan menjaga sikap dan tutur kata sebagai bentuk menghormati sesama.

           

Kata Kunci: Moderasi agama, Teluk nibung, Batak, Islam.


Full Text:

PDF

References


Pustaka Acuan

Aryanda, Tengku., Pratiwi, I. (2021). Implementasi Perancanaan Tata Ruang Kota Tanjungbalai (Studi di Kantor Bappeda Kota Tanjungbalai). Asahan: Citra Justicia. ISSN: 2686-5750. 22(1).

Fitriani, F., Muslim, H. H., Firmansyah, I., & Khaerani, I. F. S. R. (2021). Moderasi Beragama dalam Tafsir An-Nur Karya T.M. Hasbi Ash- Shiddieqy: Studi Tafsir Q.S Al-Baqarah : 143. 4.

Handep. (2019). m. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 3(1), 1–32.

Khaira, S. (2020). Studi Analisis Kitab Tafsir Al-Muharrar Al-Wajȋz Karya Ibnu ‘Athiyyah. Institut Ilmu Al-Qur`An (Iiq).

Mustofa, B. (2022). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Siswa.

Narrol, R. (1965). Ethnic Unit Classification. Current Anthropology. Volume 5.

Qur’ana, F. (2022). Internalisasi Nilai-Niilai Moderasi Beragama pada.

RI, K. A. (2019). Moderasi Beragama (1st ed.). Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Setiawan, M. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Perspektif Filsafat Perennial. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Siregar, S. (2020). Analisis Kinerja Opeirasiional Peilabuhan Teluk Nibung (Studi Kasus : Peilabuhan Teiluk Nibung, Tanjung Balai Sumatera Utara). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Syahendri. (2011). Suatu Konsep Budaya Melayu. Riau: Universitas Pahlawan.

UMKM. (2018). Kota Tanjung Balai. : KPJU Unggulan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v5i1.19920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats