METODE TARGHIB DAN TARHIB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode targhib dan tarhib menurut perspektif pendidikan Islam. metode yang digunakan adalah deskriptif analisis melalui studi kepustakaan. Berdasarkan analisis diketahui bahwa keberhasilan seorang pendidik bukan saja dilihat dari kompetensi dalam menguasai materi pembelajaran tetapi ada unsur lain yang cukup menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran di kelas yaitu metode. Guru harus pandai dan piawai dalam menggunakan metode dihadapan muridnya. Satu di antaranya adalah metode Tarhib dan Targhib. Melalui metode ini guru bisa memberikan harapan yang menyenangkan bahkan hadiah kepada peserta didik yang berhasil dan memenuhi persyaratan kognitif tanpa merusak tujuan pembelajaran dan tidak menyinggung peserta didik yang gagal karena dilakukan dengan cara yang demokratis (Targhib). Sementara peserta didik yang gagal karena melanggar aturan pembelajaran dan tidak memenuhi persyaratan kognitif dapat ancaman bahkan dihukum (Tarhib).
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Ali Badawi, (2000). Imbalan dan hukuman: Pengaruhnya bagi Pendidikan. Gema Insani Pres.
Abdullah Nasih Ulwan, (1994). Pendidikan Peserta didik dalam Islam, Pustaka Amani.
Armai Arief, (2000). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Logos.
Abdurrahman al Nahlawi, (2001). Usul al Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha fi al bayt wa al madrasah wa al mujtama. Daar al Fikri.
Hery Noer Ali, (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Logos.
Irawati Istadi, (2005). Agar Hadiah dan Hukuman Efektif . Pustaka Setia.
Muhammad Nasiruddin Al-Bayani, (tt). Shohih Jami’ Shoghir. Al Maktab Al Islami.
Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu, (2005). Seruan Kepada Pendidik dan Orang Tua. Solom.
Syahidin, (1999). Metode Pendidikan Qur’ani: Teori dan Aplikasi, Misaka Galiza.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v4i2.12575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: