PROFIL INSÂN KÂMIL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstrak: Artikel ini membahas tentang pengenalan terhadap sosok insan kamil dalam bingkai filsafat pendidikan Islam. Dengan menggunakan metode library research, penelitian ini memberikan analisis tentang peran pendidikan Islam dalam pembentukan insan kamil. Dalam operasionalisasinya, pendidikan Islam merupakan proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan serta nilai-nilai pada diri anak melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya guna mencapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya. Upaya untuk mewujudkan insân kâmil sejalan dengan pembinaan manusia seutuhnya dalam kualitas pribadi Muslim sejati sebagaimana yang diinginkan dalam tujuan pendidikan Islam. Dengan demikian, konsepsi tentang insân kâmil merupakan produk intelektualisme yang berharga dan bernilai tinggi bagi pengembangan pemikiran kefilsafatan pendidikan Islam, terutama guna melakukan reorientasi tujuan pendidikan Islam.
Kata Kunci: pendidikan Islam, manusia sempurna, tasawuf, filsafat, al-Qur’an
Abstract: This article discusses the perfect man (insân kâmil) in the context of Islamic education philosophy. This study examines the function of Islamic education in the formation of insân kâmil utilizing the library research method. Islamic education, in its most basic form, is a process of transforming and internalizing information and values in children via the growth and development of their natural potential, with the goal of achieving harmony and perfection in all aspects of life. The attempt to attain insân kâmil is in keeping with the goals of Islamic education, which include the development of a whole human being with the personal attributes of a sincere Muslim. As a result, the notion of insân kâmil is a significant and high-value intellectual output for the growth of philosophical thought in Islamic education, particularly in order to refocus Islamic education’s goals.
Keywords: Islamic Education, perfect man, sufism, philosophy, Qur’an
Full Text:
PDFReferences
Al-Khatib, ‘Abd al-Karîm. (1992). Al-Muslimûn wa risâlatuhum fî al-hayât. Dâr al-Kitâb al-‘Araby.
As., Asmaran. (2004). Pengantar studi akhlak. RajaGrafindo Persada.
Baqerzadeh, Abdorrahman. (2021). A comparative study of Ibn Arabi and Mulla Sadra's views on the necessity of referring to a perfect human bein. IRAQI, 2(6): 201-214.
Bahroni, Imam. (2013). Understanding A.M. Iqbal’s vision on perfect man. At-Ta’dib 8(1). http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v8i1.515.
Dalimunthe, Fakhrur Razy, (1996). Filsafat pendidikan islam. IAIN Press.
Effendi, Djohan. (1987). Adam, khudi dan insân kâmil: Pandangan Iqbal tentang manusia. Dalam Insân Kâmil: Konsepsi Manusia Menurut Islam. Pustaka Grafitipers.
Hassan, Parveen Feroze. (1980). The political philosophy of Iqbal. Publishers United Ltd.
Ja’far, Ja’far. (2010). Warisan filsafat nusantara: Sejarah filsafat islam Aceh abad xvi-xvii M. PeNA.
Ja’far, Ja’far. (2011). Gerbang-gerbang hikmah. PeNA.
Ja’far, Ja’far. (2013). Dialog agama dalam berbagai perspektif. PeNA.
Luqa, Nuzmy, (1978). Muhammad al-risâlah wa al-rasûl. Maktabah Garb al-Fajâlah.
Muhaimin dan Abdul Mujib. (1993). Pemikiran pendidikan Islam. Trigenda Karya.
Muthahhari, Murtadha. (1994). Perspektif al-qur’an tentang manusia dan agama. Mizan.
Najjarian, Mohammad Reza. (2016). The idea of perfect man. Open Journal of Philosophy 6(4): 319-334.
Nasr, Seyyed Hossein. (1991). Islam dalam cita dan fakta, terj. Abdurrahman Wahid dan Hashim Wahid. Lappenas.
Rahardjo, M. Dawam. (1997). Insân kâmil: Konsepsi manusia menurut Islam. Pustaka Grafitipers.
Rahman, Fazlur. (1997). Neo-modernisme Islam, terj. Taufik Adnan Amal. Mizan.
Saefuddin, A.M. (1990). Desekularisasi pemikiran: Landasan islamisasi. Mizan.
Safavi, Seyed. (2009). Perfect man in rumi’s perspective. Transcendent Philosophy Journal 10(1): 119-134.
Shavarani, Masoud. (2021). A Study of the term “Caliph of God” in mystical texts (2nd to 11th Century AH). Journal of Religious Studies, 14(28): 119-148.
Sulaiman, Fatiyah Hasan. (1996). Sistem pendidikan versi al-Ghazali, terj. Fathur Rahman. Al-Ma’arif.
Tafsir, Ahmad. (2015). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.
Tobroni dan Syamsul Arifin. (1994). Islam pluralisme budaya dan politik. Sipress.
Vahid, Syed Abdul. (1974). Iqbal: His art and thought. Sh. Muhammad Ashraf.
Yahya, Muchtar. (1985). Pokok filsafat yunani. Wijaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v2i1.10974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: