GAYA KEPEMPINAN LASA HS. DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)

Eko Kurniawan

Abstract


Lasa Hs. merupakan salah satu pustakawan senior yang ada di Indonesia, saat ini Ia menjabat sebagai kepala Perpustakaan UMY sejak tahun 2012. Selama kepemimpinannya banyak prestasi yang diraih oleh Perpustakaan dan pustakawan UMY.  Dengan banyaknya prestasi yang diraih, maka penulis tertarik untuk meneliti gaya kepemimpinan yang ia terapkan dalam meningkatkan prestasi Perpustakaan UMY. Gaya kepemimpinan tersebut akan dikaji dan dianalisis sesuai dengan teori gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Mahakumaran. Dengan mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Lasa Hs, maka hal itu bisa bermanfaat bagi kepala perpustakaan lainnya sehingga dapat diterapkan dan dimodifikasi sesuai dengan kondisi perpustakaan masing – masing untuk meningkatkan prestasi perpustakaan yang mereka pimpin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan dalam pengambilan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil dari penelitian adalah gaya kepemimpinan Lasa Hs. dalam memimpin Perpustakaan UMY mengkobinasikan antara gaya kepemimpinan yang bersifat authoritative, affiliative, democratic, dan coaching.

Keywords


gaya kepemimpinan, prestasi perpustakaan, Lasa HS.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/`Aisyiyah (FPPTMA). (2019). Diakses melalui Biodata Drs. Lasa Hs,M.Si : http://www.fpptma.or.id/2019/09/biodata-drslasa-hs-msi.html pada tanggal 3 Oktober 2020

Kartika, R. A. (2016). Konstruksi Sosial Siswa Terhadap Prestasi Non Akademik (Studi Pada Siswa Berprestasi di SMA Negeri 5 Surabaya) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Kurniawan, M. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Percetakan Dimas Kota Palembang. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 33-48.

Muhajir, I. (2013). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Cabang Semarang) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Perpustakaan UMY. (2018). Diakses Melalui Profil Perpustakaan UMY: https://library.umy.ac.id/profil pada tanggal 5 Oktober 2020

Rasal, A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendapatan Kota Batam. Jurnal Dimensi, 4(2).

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri) (Doctoral dissertation, UNS ).

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2)

Tampi, B. J. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia, tbk (regional sales manado). Acta Diurna Komunikasi, 3(4).

Moleong, Lexy J. (2012). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Qurotianti, A. (2018). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menerapkan Pelayanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 3(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v15i2.9636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eko Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia