Inovasi Dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dasar Menggunakan Media Sosial Masa Pandemi
Abstract
Perpustakaan merupakan lembaga yang berpusat pada pemenuhan informasi masyarakat. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang di pakai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan ini termasuk kedalam perpustakaan yang dikatakan belum ideal, baik dari sisi koleksi bahan putakanya, pustakawannya, bahkan pelayanannya. Pandemic Covid 19 mengubah hampir seluruh tatanan kehidupan manusia termsuk di bidang perpustakaan. Untuk itu segala bentuk inovasi terus dilakukan untuk tetap menjaga peran perpustakaan. Etode penelitian Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan adalah melakukan wawancara dan observasi secara langsung terhadap kondisi perpustakaan yang ada. Tujuannya dalah untuk mengetahui kondisi perpustakaan serta memperoleh informasi apa saja yang di kembangkan perpustakaan tersebut. hasilnya adalah dengan mengembangkan inovasi di bidang layanan perpustakaan yang berbasis media sosial. Pelayanan perpustakaan dilakukan mengenai kegiatan yang didukung oleh penggunaan media sosial, yaitu dengan menggunakan whatsapp. Efisiensi penggunaan layanan ini sangat efektif dan membuat jumlah pengunjung perpustakaan serta jumlah siswa yang meminjam buku menjadi lebih banyak walaupun terdapat beberapa kendala seperti diperlukannya adaptasi yang baik. Inovasi ini sebaiknya tidak dihilangkan meskipun nantinya pandemi berakhir. Pengunaan media sosial ini dapat di gunakan sebagai ajang promosi perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan yang masih sepi peminat.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Astuti, H. J. (2007). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN (SERVQUAL Model dan. Jurnal Media Ekonomi, 7(1), 1–20. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9606
Dhir, S. K., Verma, D., Batta, M., & Mishra, D. (2017). E-learning in medical education in India. Indian Pediatrics, 54(10), 871–877. https://doi.org/10.1007/s13312-017-1152-9
Gunawan, A., Darwanto, & Lubis, N. R. A. (2016). Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Perikanan : COLLECTION DEVELOPMENT ON LIBRARY OF RESEARCH CENTER AND FISHERIES DEVELOPMENT. Pari, 2(1), 31–42. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/download/3247/2775
Kurniasih, O. N. (2016). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan. 1–10.
Perpustakaan, P., Brawijaya, U., Mahasiswa, S., Administrasi, J., & Universitas, P. (n.d.). No Title. 3(5), 782–788.
Rifai, A. (2002). Peran Pustakawan Intermediary Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi. Al-Maktabah, 4(1), 13–22.
Salatiga, I., & Salatiga, P. I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial. 3(23), 223–237.
Sekolah, D. I., Negeri, D., & Utara, P. (2012). SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR. September, 141–150.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., Yunihastuti, E., Penanganan, T., New, I., … Cipto, R. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. 7(1), 45–67.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v15i1.8456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dewi Fitriyanti Fitriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara