MANAJEMEN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA PALEMBANG

Tri Rama Sari

Abstract


Pengelolaan arsip merupakan sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dalam manajemen sebuah organisasi maupun instansi. Kegiatan pengelolaan arsip dilaksanakan juga dalam hal mendukung kelangsungan hidup sebuah lembaga. Artikel ini bertujuan untuk membahas manajemen pengolahan arsip yang ada di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup Kota Palembang dimana yang menjadi rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana proses pengelolaan arsip di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup Kota Palembang?, (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengelolaan di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup Kota Palembang?

Metode pengumpulan data dalam penulisan artikel ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hal ini, yang menjadi informan adalah ibu Lely Heriyani selaku Unit Pengolah di Balai Pengembangan dan Penelitian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Palembang.

Dalam artikel ini dapat disimpulkan bahwa proses pengelolaan arsip yang dijalankan oleh Unit Pengolah Balai Lingkungan Hidup dan Kehutanan kota Palembang adalah masing-masing mempunyai prosedur tersendiri dalam penciptaan surat masuk dan surat keluar di sub bag Unit Pengolah Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengolahan arsip yakni (1) Sistem penyimpanan arsip dinamis, (2) Fasilitas yang digunakan, dan (3) petugas kearsian. 


Keywords


pengelolaan arsip, arsip dinamis, arsip elektronik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agus Sugiarto, dan Teguh Wahyono. Manajemen Kearsipan Modern (Dari Konvensional Ke Basis Komputer). Yogyakarta: Gava Media, 2005.

Andi Ibrahim. Pengantar Ilmu Perpustakaan Dan Kearsipan. Jakarta: Gunadarma Ilmu, 2014.

ANRI. Pedoman Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jakarta: ANRI, 2011.

Boedi Martono. Penyusutan dan pengamanan arsip vital dalam manajemen kearsipan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994.

Caroline Williams. Managing Archives: Foundations, Principles and Practice. Great Britain: Chandos Publishing (Oxford), 2006.

Eva Mirza Syafitri dan Febrina Indrasari,PENGELOLAAN ARSIP ELEKTRONIK PADA BAGIAN ADMINISTRASI JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI MADIUN,Madiun : Epicheirisi. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018

Hamdani Fajri, dan Syahyuman. “Sistem Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Pesisir Selatan,” 2012. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/1534.

Irra Chrisyanti Dewi. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Lester, Peter. “Of mind and matter: the archive as object.” Archives & Records 39, no. 1 (Spring 2018): 73–87. https://doi.org/10.1080/23257962.2017.1407748.

Machsun Riffauddin, penggelolaan arsip elektronik berbasis teknologi, Yogyakarta : khizana al hikma Jurnal ilmu perpustakaan informasi dan kearsipan Uin sunan kalijaga vol 4,2016

Nur Aini Astuti, Nur. “PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF PADA SUB BAGIAN UMUM DINAS PERTANIAN DAN KEHUTANAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA.” Other, Jurusan Pendidikan Administrasi, 2015. http://eprints.uny.ac.id/28392/.

Read, J. & Ginn, M. L. 2011. Recard Management Ed.9. (South-western)

Sri Hartina. Metode Penelitian Perpustakaan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015.

Sudaryanto. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana Universitas Press, 1993.

Sulistyo Basuki. Manajemen Arsip Dinamis. Jakarta: Gramedia, 2003.

———. Pengantar Ilmu Kearsipan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013.

Wijaya A.W. Administrasi Kearsipan (suatu pengantar). Jakarta: Rajawali, 1986.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v13i2.5786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tri Rama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia