Information Seeking Behavior of S1 FISIP Students, University of Bengkulu In Finding Reliable News Sources Through Tik Tok
Abstract
Penelitian ini menganalisis perilaku pencarian informasi mahasiswa S1 FISIP Universitas Bengkulu dalam mencari informasi melalui TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Dari hasil kuesioner yang telah diperoleh, kemudian dilakukan tabulasi data dan dianalisis menggunakan pengolahan data statistik. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Hasil penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa mayoritas responden dalam mencari sumber informasi melakukan tahapan-tahapan dalam mencari kebutuhan informasinya. Mahasiswa memiliki sikap positif dalam mencari informasi mengenai sumber berita terpercaya melalui TikTok. Mereka cenderung tertarik, didorong oleh mata kuliah, memilih topik dengan cermat, mencari dari berbagai sumber, mengajukan pertanyaan dengan baik, menyebarkan keakuratan informasi, dan merasa puas dengan hasil pencarian. TikTok digunakan oleh pelajar untuk mendapatkan berita atau informasi, mereka masih meragukan keakuratan informasi yang terdapat pada TikTok. Mahasiswa berusaha memperoleh dan memverifikasi keakuratan informasi dengan cara mencari sumber selain TikTok. Namun, mereka juga menghabiskan banyak waktu untuk mencari dan mengakses informasi yang mereka butuhkan, dan merasa terdorong untuk mencari informasi tambahan dari sumber lain setelah menggunakan TikTok.
Keywords
References
Anggita, R., Rozi, F., & Abidin, S. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Bagi Kalangan Remaja Madrasah Tsanawiyah Bina Insani. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 1(4), 779–782.
Eka Rohmawati, I., & Arfa, M. (2022). Perilaku Pencarian Informasi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Undip dalam Aplikasi TikTok. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(4), 505–518. https://doi.org/10.14710/anuva.6.4.505-518
Herna. (2022). Tiktok Social Media Usage Motives: Uses and Gratification Theory Analysis. Moestopo International Review on Social, Humanities, and Sciences, 2(2), 160–168. https://doi.org/10.32509/mirshus.v2i2.38
Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Istiqoriyah, L., Nepriani, L. I., Luthfiyyah, F., Asri, A. D., Al Aziz, M. F., Febriyanti, N. A., & Ismail, A. (2023). Proses Pencarian Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Uin Jakarta Yang Menerapkan Sistem Pembelajaran Hybrid Selama Masa Post-Pandemi. Al Maktabah, 21(2), 67–81. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i2.30888
Masari, A. H., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2023). Konten Tiktok@ buiramira dan Skripsi: Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa sebagai Media Edukasi Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 16564–16575. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9002%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/9002/7346
Oktaviani, E. (2022). Perilaku Pencarian Informasi Remaja Akhir Mengenai Hobi: Studi Kasus Pemanfaatan Aplikasi TikTok. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 24(1). https://doi.org/10.7454/jipk.v24i1.005
Pan, Y. (2023). Study on the Influence of Personalized Algorithm of Social Media TikTok upon College Students. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media, 4(1), 1186–1197. https://doi.org/10.54254/2753-7048/4/2022860
Purnama, R. (2021). Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 10. https://doi.org/10.18592/pk.v9i1.5158
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Widiyastuti. (2016). Perbandingan Teori Perilaku Pencarian Informasi Menurut Ellis, Wilson Dan Kuhlthau. Jurnal Pustaka Budaya, 3(2), 51–64. http://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/583/408
Widyanto, G., Afifah Putri, N., & Fijar Sulistiyo, M. (2022). Media Baru Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Di Instansi Pemerintah (Studi Deskriptif Penggunaan Aplikasi TikTok pada Direktorat Jenderal Imigrasi) New Media As A Information Distribution In Government Agencies (Study Descriptive of Tiktok Application a. PROMEDIa, 8(1), 151–169. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/5614/2224
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v19i1.23863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Delta Sapitra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara