Kompetensi Pustakawan Pada Era Digital

Ditha Deriana, Rully Khairul Anwar, Siti Chaerani Djen Amar, Evi Nursanti Rukmana

Abstract



Pada era digital, pustakawan harus memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi informasi, komunikasi, dan manajemen data untuk menghadapi perubahan informasi yang cepat. Mereka menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan sumber daya yang tersedia di dalam organisasi mereka untuk mengelola sistem perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi kompetensi yang dibutuhkan oleh pustakawan dalam era digital. Dengan menggunakan metode tinjauan literatur naratif, studi ini menganalisis enam belas referensi yang berkaitan dengan kompetensi pustakawan dan tantangan di masa depan. Untuk menjaga peran mereka sebagai sumber daya masyarakat yang dikelola secara profesional, perpustakaan harus terlibat dalam kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan akses informasi dan menggalakkan integrasi komunitas. Pandangan pustakawan mengenai kemajuan teknologi menekankan perlunya keahlian khusus dalam manajemen teknologi dan keterampilan untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam layanan perpustakaan. Oleh karena itu, pustakawan harus terus belajar dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Meningkatkan kemampuan kepemimpinan, mempromosikan kerja tim, dan mengintegrasikan teknologi baru adalah langkah-langkah praktis yang dapat diambil pustakawan untuk meningkatkan keterampilan mereka, yang sangat penting untuk menjaga relevansi perpustakaan dan memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Peran sentral pustakawan dalam memfasilitasi akses informasi, mengintegrasikan teknologi ke dalam layanan perpustakaan, dan merespons perubahan teknologi menegaskan pentingnya pengembangan keterampilan dan kolaborasi lintas sektor untuk menjaga relevansi perpustakaan terhadap kebutuhan masyarakat modern.


Keywords


Integrasi komunitas, Komunikasi, Perubahan Teknologi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adekoya, C. O., & Fasae, J. K. (2021). Mentorship in librarianship: meeting the needs, addressing the challenges. The Bottom Line, 34(1), 86-100. https://doi.org/10.1108/BL-09-2020-0063

Bohorquez, C. G., Ruan, L., & Wiliams, K. (2023). How librarians and firefighters built a special library in Champaign, Illinois, USA: a community informatics story. Digital Transformation and Society, 2(1), 42-59. https://doi.org/10.1108/DTS-08-2022-0035

Harris-Keith, C. S. (2015). The Relationship Between Academic Library Department Experience and Perceptions of Leadership Skill Development Relevant to Academic Library Directorship. The Journal of Academic Librarianship, 41(3), 246-263. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2015.03.017

Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2022). The Literature Review: Six Steps to Success. Corwin.

Mayesti, N., Huang, C. H., Azmir, A. F., & Adzani, D. M. (2024). Librarians’ views of the readiness of university libraries in Indonesia to adopt virtual and augmented reality. Digital Library Perspectives. https://doi.org/10.1108/DLP-05-2023-0041

Mwaniki, P. W. (2018, Januari 8). Envisioning the future role of librarians: skills, services and information resources. Library Management, 39(1/2), 2-11. https://doi.org/10.1108/LM-01-2017-0001

Naveed, M. A., Siddique, N., & Mahmood, K. (2022). Development and validation of core technology competencies for systems librarian. Digital Library Perspectives, 38(2), 189-204. https://doi.org/10.1108/DLP-03-2021-0022

Neatrour, A. L., Callaway, E., & Cummings, R. (2018). Kindles, card catalogs, and the future of libraries: a collaborative digital humanities project. Digital Library Perspectives, 34(3), 162-187. https://doi.org/10.1108/DLP-02-2018-0004

Onwubiko, E. C. (2020). Librarians’ emotional intelligence as correlate of effective library management and performance. Library Philosophy and Practice. Retrieved from https://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=8509&context=libphilprac

Onwubiko, E. C. (2022). Social perception of the image of public libraries and librarians by users as catalyst of transformation: A survey. Library Philosophy and Practice, 1-30. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/social-perception-image-public-libraries/docview/2632227189/se-2

Pham, H. T., & Tanner, K. (2014). Collaboration between academics and librarians: A literature review and framework for analysis. Library Review, 63(1/2), 15-45. https://doi.org/10.1108/LR-06-2013-0064

Ratledge, D., & Sproles, C. (2017). An analysis of the changing role of systems librarians. Library Hi Tech, 35(2), 303-311. https://doi.org/10.1108/LHT-08-2016-0092

Sawhney, M., Owens, J. R., & Goodman, P. (2017). Kindle Fire: Amazon’s heated battle for the tablet market. Kellogg School of Management Cases, 1(1), 1-23. https://doi.org/10.1108/case.kellogg.2016.000175

Seminelli, H. (2016). Librarian as professional. The Serials Librarian, 71(1), 63-69. https://doi.org/10.1080/0361526X.2016.1168667

Stejskal, J., Hajek, P., & Prokop, V. (2021). The role of library user preferences in the willingness to read and pay for e-books: Case of the Czech Republic. The Electronic Library, 39(4), 639-660. https://doi.org/10.1108/EL-01-2021-0001

Tella, A., Ajani, Y. A., & Ailaku, U. V. (2023). Libraries in the metaverse: The need for metaliteracy for digital librarians and digital age library users. Library Hi Tech News, 40(8), 14-18. https://doi-org.unpad.idm.oclc.org/10.1108/LHTN-06-2023-0094

Wong, G. K. W. (2017). Leadership and leadership development in academic libraries: A review. Library Management, 38(2/3), 153-166. https://doi.org/10.1108/LM-09-2016-0075




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v19i1.21055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ditha Deriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia