Analisis Literasi Digital Guru PAUD melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran

Resti Budianti

Abstract


Saat ini, untuk mendukung proses pembelajaran, guru PAUD diharapkan memiliki literasi digital yang baik. Hal ini dianggap semakin penting karena generasi saat ini sangat dekat dengan teknologi, yang berarti mereka harus belajar sejak dini tentang bagaimana teknologi informasi dapat memberikan manfaat yang signifikan. Studi ini memberikan informasi awal untuk meningkatkan kemampuan guru, khususnya guru PAUD yang memiliki kemampuan literasi digital untuk menggunakan TIK dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan penelitian kepustakaan tentang karya dan penelitian sebelumnya yang relevan, serta kuesioner yang dikirim melalui Google Forms dan panduan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan guru PAUD untuk literasi digital telah meningkat sejak pandemic. Responden sudah tidak merasa canggung atau gagap teknologi saat diminta untuk melakukan aktivitas pembelajaran menggunakan TIK. Diperlukan peningkatan kompetensi lanjutan bagi guru PAUD agar dapat mendampingi anak didiknya dalam memanfaatkan teknologi terkini untuk pembelajaran serta memberikan bekal literasi digital agar kelak bijak menggunakan teknologi.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v18i1.18575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Resti Budianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia