Hubungan Minat Kunjung Dengan Kualitas Layanan. Studi di Pusat Pengelolaan Pengetahuan Universitas Padjadjaran

Wina Erwina, Abima Surya Andafi, Muhamad Rakha Ardyansyah, Rizki Ismail Hidayat

Abstract


Tingkatan kunjungan pemustaka dalam pemanfaatan layanan perpustakaan, merupakan kebajiban pustakawan dalam  menyadari fungsinya yang untuk mencapai kualitas pelayanan perpustakaan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai kualitas layanan perpustakaan yang terdapat di perpustakaan Universitas Padjadjaran, (2) Mendeskripsikan minat kunjungan mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan Universitas Padjadjaran, (2) Mengetahui hubungan antara minat kunjung dengan kualitas layanan di perpustakaan Universitas Padjadjaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengambilan sample adalah teknik random sampling. Metode analisis korelasi yang digunakan peneliti merupakan korelasi pearson, dimana korelasi pearson ialah merupakan korelasi sederhana yang hanya melibatkan satu variabel terikat (dependent) dan satu variabel bebas (independent) (Safitri, 2014). Penelitian berlangsung 10 hari kerja dari 09.00 - 14.45 WIB diluar jam istirahat. Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat kunjung ke perpustakaan terhadap kualitas layanan di perpustakaan Universitas Padjadjaran. Dengan ukuran sampel (n) 118 pada α 0,05 dengan koefisien korelasi 0.785 minat kunjung ke perpustakaan memiliki hubungan signifikan dengan kualitas layanan perpustakaan Universitas Padjadjaran, artinya hipotesis diterima. Semakin tinggi minat kunjung maka semakin meningkat pula kualitas pelayanan yang ada di perpustakaan Universitas Padjadjaran.

Kata Kunci: Minat Kunjung; Kualitas layanan; Perpustakaan Universitas Padjadjaran; Korelasi; Hubungan.


Keywords


Minat Kunjung; Kualitas layanan; Perpustakaan Universitas Padjadjaran; Korelasi; Hubungan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aulia, W. D., & Mahnun, N. (2021). HUBUNGAN ANTARA PEiLAYANAN PEiRPUSTAKAAN DEiNGAN TINGKAT KUNJUNGAN SISWA KEi PEiRPUSTAKAAN SEiKOLAH MEiNEiNGAH ATAS NEiGEiRI 1 TAMBANG KABUPATEiN KAMPAR. 2(1).

Deiwi, M. (2015). Peingaruh Kualitas Peilayanan dan Fasilitas Peirpustakaan teirhadap Preistasi Beilajar Mahasiswa Univeirsitas Samudra. Urnal Manajeimein Dan Keiuangan Unsam, 4(1).

Faiq, A. (2019). PEiNGARUH KUALITAS PEiLAYANAN PEiRPUSTAKAAN TEiRHADAP MINAT KUNJUNG MAHASISWA DI PEiRPUSTAKAAN UNIVEiRSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEiPARA. Skripsi (UIN Walisongo Seimarang, 2019), 111.

Irwiansyah, M. B. (2015). HUBUNGAN TINGKAT KUALITAS PEiLAYANAN DEiNGAN TINGKAT MINAT BACA DI PEiRPUSTAKAAN UMG PADA MAHASISWA. Psikosains: Jurnal Peineilitian Dan Peimikiran Psikologi, 10(2). http://journal.umg.ac.id/indeix.php/psikosains/articlei/vieiw/233/192

Nawawi, M. T., & Puspitowati, I. (2015). Peingaruh Kualitas Peilayanan dan Fasilitas Peirpustakaan seibagai Preidiktor teirhadap Keipuasan Civitas Akadeimika Fakultas Eikonomi Univeirsitas Tarumanagara di Jakarta. Jurnal Eikonomi, XX(2).

Ningrum, N. L. (2021). PEiNGARUH KUALITAS PEiLAYANAN PEiRPUSTAKAAN TEiRHADAP MINAT KUNJUNG MAHASISWA DI PEiRPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEiGEiRI (IAIN) JEiMBEiR TAHUN KUNJUNGAN 2019. Digital Libray UIN Khas Jeimbeir. http://digilib.uinkhas.ac.id/3835/1/Niar%20Laila%20Ningrum_T20173026.pdf

Purnomo, H. (2018). Buku Diktat: Bahan Ajar Mata Kuliah Manajeimein Peirpustakaan. IAIN Jeimbeir, 33.

Rahayuningsih, F. (2015). Meingukur Keipuasan Peimustaka: Meinggunakan Meitodei LibQUAL+. (Yogyakarta, Graha Ilmu).

Rahmah, Ei., Marlini, & Eirlianti, G. (2019). Manajeimein Peirpustakaan: Peineirapan TQM dan CRM. (Deipok: Rajawali Preiss, 122–123.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2009). Manajeimein Peilayanan. (Yogyakarta: Pustaka Beilajar.

Reitnawati, H. (n.d.). Teiknik Peingambilan Sampeil.

Saadah, R. H. (2018). Peingaruh Layanan Peirpustakaan teirhadap Keipuasan Mahasiswa UIN Sunan Ampeil Surabaya. Skripsi UIN Sunan Ampeil, 3.

Safitri, W. R. (2014). ANALISIS KOREiLASI PEiARSON DALAM MEiNEiNTUKAN HUBUNGAN ANTARA KEiJADIAN DEiMAM BEiRDARAH DEiNGUEi DEiNGAN KEiPADATAN PEiNDUDUK DI KOTA SURABAYA PADA TAHUN 2012—2014.

Seikaran, Uma, & Bougiei. (2010). Reiseiarch Meithods for Busineiss: A SkillBuilding Approach. John Wileiy and Sons, Inc. : London.

Sireigar, S. (2013). Meitodei Peineilitian Kuantitatif dileingkapi deingan Peirhitungan Manual dan SPSS. (Jakarta: Preinada Meidia Group, 2013).

Sugiyono. (2018). Meitodei Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeita,.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v18i1.15804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wina Erwina, Abima Surya Andafi, Muhamad Rakha Ardyansyah, Rizki Ismail Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia