Perencanaan Dasar Dalam Mengukur Kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Dan Indeks Literasi Masyarakat (ILM)

Endang Fatmawati

Abstract


Artikel membahas contoh rencana bagaimana mengukur Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Indeks Literasi Masyarakat (ILM) sehingga tidak ada hasil penelitian. Perkembangan literasi masyarakat di Indonesia sangat bergantung dari berbagai aspek yang mempengaruhi kemampuan membaca masyarakat. Dalam menentukan kebijakan penyusunan program dan indikator keberhasilan dibutuhkan kajian ilmiah yang dilakukan secara berkala. Formulasi pengukuran IPLM dan ILM perlu dilakukan di seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia. Penelitian IPLM bertujuan untuk mengetahui kondisi semua jenis perpustakaan, baik dari aspek sebaran perpustakaan, koleksi, sarana dan prasarana, tenaga perpustakaan, hingga pemustaka. Sementara itu, penelitian ILM disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang sebenarnya dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks literasi masyarakatnya. Pengukuran IPLM dapat dilakukan dengan pendekatan sensus, sedangkan penelitian ILM dengan teknik sampling menggunakan instrumen penelitian yang sudah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI dan sudah menjadi standar nasional. Kriteria responden yang menjadi sumber data penelitian ILM adalah penduduk berusia berkisar 15 - 64 tahun. Pengukuran variabel ILM diukur dari kemampuan membaca, kemampuan berbicara, kemampuan menulis, pemahaman bacaan, eksplorasi pengetahuan, transformasi menjadi pengetahuan, serta transformasi menjadi produk/jasa. Hasil kajian IPLM dan ILM sebagai acuan atau panduan bersama dalam pengambilan kebijakan untuk pengembangan perpustakaan dan program peningkatan IPLM dan ILM. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran awal bagi praktisi penelitian sensus dan penelitian survei dalam implikasi penelitian IPLM dan ILM selanjutnya.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daftar Pustaka

Ariestonandri, P. 2020. Kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat. Jakarta: Sigma Research.

Badan Pusat Statistik. 2022. Kabupaten Klaten Dalam Angka 2022. Diakses melalui https://klatenkab.bps.go.id/publication/2022/02/25/87d9e9c7356ad4ce4872b70f/kabupaten-klaten-dalam-angka-2022.html.

Badan Pusat Statistik. 2022. Statistik Indonesia 2022. Diakses melalui https://www.bps.go.id/publication/2022/02/25/0a2afea4fab72a5d052cb315/statistik-indonesia-2022. html.

Biao, et al. 2014. The Contribution of the Human Development Index Literacy Theory to the Debate on Literacy and Development. World Journal of Education, 4(2), 2014, 1-12. https://doi.org/10.5430/wje.v4n3p1.

Data Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM). Tersedia di https://pappbb.perpusnas.go.id/dataiplm.

Enyon. A. 2013. Welsh Information Literacy Project. Library and Information Research. 37(114). 17-22. doi:10.29173/lirg558.

Fang, Z. and Wei, Y. 2010. Improving Middle School Students’ Science Literacy Through Reading Infusion. The Journal of Educational Research, 103(4), 262-273. doi:10.1080/00220670903383051.

Fatmawati, E. 2022. Peningkatan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Melalui Pengukuran Indeks Gemar Membaca (IGM). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 341-358. http://dx.doi.org/10.29240/tik.v6i2.5498.

Fatmawati, E. 2021. Layanan Perpustakaan Sekolah: Panduan Bagi Pemula. Yogyakarta: Deepublish.

Guo, et al. 2022. An Evaluation of The Information Literacy of Safety Professionals. Safety Science, 151. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2022.105734.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud.

Olson, et al. 2011. The Self-Assessed Literacy Index: Reliability and Validity. Social Science Research, 40, 1465-1476. doi: 10.1016/j.ssresearch.2011.05.002.

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Di Provinsi Jawa Tengah.

Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Perpustakaan Nasional Tahun 2020-2024.

Perpustakaan Nasional RI. 2021. Pedoman Pengukuran Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat. Jakarta: Perpusnas RI.

Perpustakaan Nasional. 2021. Laporan Akhir Kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat. Jakarta: Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI.

Shelton, S. A., Guy, Kelsey, H., Jones, A. M. 2020. “These Kids are Rebelling”: A Student-Led Transformation of Community and Critical Literacy. English Teaching Practice & Critique, 19(1), 65-78. https://doi.org/10.1108/ETPC-05-2019-0072.

Warsito, B., dkk. 2022. Seminar Hasil Penelitian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Indeks Literasi Masyarakat (ILM) di Kota Salatiga. Kerjasama antara Dispersip Kota Salatiga dengan LPPM Undip. Salatiga, 11 Agustus 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v17i1.15137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Endang Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia