POTRET ANALISIS TOKOH ARSIP : SIMON TANNER DAN SUSAN S. LAZINGER

Marina Marina, Siti Masruroh

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang biografi tokoh arsip Simon Tanner dan Susan S. Lazinger, dan menganalisa kiprahnya dalam dunia arsip. Sejauhmana kontribusi yang diberikan dalam dunia arsip, serta teori apa yang diusung dalam kajian arsip. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan menggunakan Studi Pustaka dengan metode pengumpulan data melalui beberapa literatur artikel jurnal, buku, maupun website yang berkaitan dengan tema penulisan. Dalam metode penelitian tersebut memberi hasil penelitian bahwa Simon Tanner dan Susan S. Lazinger merupakan tokoh arsip yang berlatar pendidikan perpustakaan dan humaniora, yang telah memberi kontribusi penuh terhadap dunia arsip, khusunya dalam kajian arsip digital. Keduanya memiliki teori dalam arsip digital yang sering digunakan dalam referensi kajian ilmiah kearsipan.


Keywords


Tokoh Arsip; Simon Tanner, Susan S. Lazinger

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku:

Deegan, Marilyn. Tanner, Simon. (2006). Digital Preservation. London: Facet Publishing

Deegan, Marilyn. Tanner, Simon. (2002). Digital Future: Strategies for the Information Age. London: Library Association Publishing.

Artikel/ Internet:

King’s College People, Profil Professor Simon Tanner. Diakses pada tanggal 04 Juni 2021 Dari e https://www.kcl.ac.uk/people/ professor-simon-tanner.

King’s College People, Profil Professor Simon Tanner. Diakses pada tanggal 04 Juni 2021 Dari https://kclpure.kcl.ac.uk/portal/en/persons/simon-tanner(4ddfa3d8-3871-4bd4-bc97-1d96995c3871)/biography.html.

Lazinger, Susan S. (2001). Digital preservation and metadata: history, theory, practice, Littleton (Colo.): Libraries unlimited. Tersedia dalam https://products.abc-clio.com/abc-cliocorporate/product.aspx?pc=F2225P.

Prabook.com. Profil Susan S. Lazinger. Diakses pada tanggal 04 Juni 2021 Dari https://prabook.com/web/susan_s.lazinger/ 554133?profileId=554133.

Undang-undang No.43 Tahun 2009 dari website https://www.kpk.go.id/images/pdf/ uu%20pip/ UU_No_43_Tahun_2009_Kearsipan.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v16i1.10291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marina Marina, Siti Masruroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia