KESETERAAN GENDER TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Paper ini mencoba mengulas persoalan isu gender ditinjau dari pendidikan Islam. Diperdapatinya apriori atas nama jenis kelamin dalam pendidikan sebenarnya bermuara pada ketidakpahaman terhadap semangat api Islam itu sendiri. Kesetaraan gender pandangan pendidikan Islam memberikan seluas-luasnya untuk mengembangkan potensi dalam diri manusia, yang ultimate goalnya adalah untuk menjadi insan kamil (manusia yang sempurna) dengan muatan posisi ‘abid (hamba) dan khalifah di muka bumi. Kajian ini merupakan studi pustaka. Rekomendasinya adalah bahwa tataran normative pendidikan Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan hadis memberikan peluang terhadap laki-laki dan perempuan untuk mengembangkan potensi dengan ilmu pengetahuan.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Suki, et all (ed), Global Feminist Politics; Identities in Changing World, Routledge, New York, 2000.
Ann E. Cudd, and Robin O. Andreasen (ed), Feminist Theory; A Philosophical Anthology , Blackwell Publishing Ltd, Cornwall, 2005.
Arivia, Gadis, Pembongkaran Wacana Seksis Filsafat Menuju Filsafat berperspektif Feminis, Disertasi, Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Depok, 2002.
Ch. Mufidah, Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender, Malang: UIN Maliki Press, 2013.
Intruksi Presiden nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional.
Lindsey, Linda L. Gender Roles a Sociological Perspective, New Jersey: Prentice Hall, 1990.
Lips, Hilary M. Sex & Gender an Introduction, California, London, Toronto: Mayfield Publishing Company, 1993.
Nasution, Abdul Gani Jamora Nasution, Bias Gender dalam Buku Pelajaran SKI Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, Vol. 1 No. 2 Juli-Desember, 2017.
Sheila, Rowbotham,, Women in Movement: Feminism and social action, Rountledge, New York, 1992.
Umar, Nasruddin, Argumen Keseteraan Gender Perspektif Al-Qur’an, (Jakarta: Paramadina, 1999.
Wilson, H.T. Wilson, Sex and Gender, Making Cultural Sense of Civilization, (Leiden, New York, Kobenhavn, Koln: EJ. Brill, 1989.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v5i1.5526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diindeks oleh: