DEVELOPMENT OF A MULTISENSORY LEARNING MEDIA BASED ON LIFT THE FLAP AUDIO BOOK TO ENHANCE BASIC ARABIC LANGUAGE SKILLS OF 7TH GRADE STUDENTS AT SMP PAHLAWAN NASIONAL MEDAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2024). Bahasa Arab Kunci Memahami Agama. Jurnal Ilmiah Basrah, 4, 103–112.
Anggraeni, M. E., Bahrul, A. R., Faizah, Z. N., & Assidiqi, M. H. (2023). Media Pembelajaran Multisensoris Mengunakan Flashcards Berbasis Augmented Reality untuk Anak Disleksia. Journal of Research and Technology, 8(2), 215–225. https://doi.org/10.55732/jrt.v8i2.737
Arisnaini. (2024). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Pemikiran, Riset, Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 12(2), 15–34.
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Chintya Winda Natalia Butar Butar, Cindy Yolanda, & Uswatun Hasanah. (2024). Eksplorasi Pentingnya Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dalam Konteks Bisnis Global: Implikasi bagi Kesuksesan Mahasiswa dan Pertumbuhan Bisnis. Jakadara: Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora, 3(1), 243–254. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2966
Desviana, A. S., & Khotimah, L. H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem Pada Materi Bentuk Molekul. In JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) (Vol. 10, Issue 01, pp. 1925–1931).
Fathoni. (2020). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Bagi Pendakwah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 140–152.
Guspa Eliza, Y., & Quratul Ain, S. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru. Jurnal Kependidikan, 13(1), 475–482. https://jurnaldidaktika.org475
Hanik, S. U., & Prihandono, T. (2024). Strategi Pembelajaran Multisensori dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 4171–4178. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Haq, S., Annisa, A., Maulana, A. D., & Zahara, M. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Medan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2).
Haryati, R., Hamid, M. A., & Hasan, N. (2025). Tathwir Mâddah Qawa’id Al Nahw Bi Istikhdam Al Wasâit Articulate Storyline Fi Al Madrasah Al Mutawassitah Al Islāmiyyah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(1), 90–103. http://dx.doi.org/10.35931/am
Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Ismail, A., Pomalingo, S., & Nurainun. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Educard (Education Uno Card) Pada Pembelajaran Pkn Di Sdn 13 Tilamuta, Gorontalo. Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 1517–1528.
Junita, R., Fiteriani, N., & Rahmah, S. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sifat-Sifat Allah di MI Al-Bustanussaniyah. EduSpirit:Jurnal Pnedidikan Kolaboratif, 1(1), 106–110.
Kusmaryono, I. (2021). STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN Learning / Development. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2 (Sendiksa 2), 2(2), 26–37.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa PAda Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8
Mahbubi, A. (2024). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional dan Kontemporer ( Analisis Komparatif ) Abdillah Mahbubi1. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(1), 107–132.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Meilina, N. P. R., Cahaya, I. M. E., & Lestari, P. I. (2023). Model Pembelajaran Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABCD School. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 6(1), 36–47. https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.29126
Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641–649. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i9.92
Misky, R. A. (2024). تطبيق وسائط الفيديو التفاعلية في تعليم اللغة العربية بمنهج مرديكا في الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية معارف نهضة العلماء 1 سوكاراجا. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Nurjana. (2022). Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Peradaban Islam. Jurnal Literasiologi, 8(4), 50–56.
Ribahan. (2023). Pembelajaran Bahasa Asing Berbasis Blended Learning. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). CV. Alfa Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Rohmah, D. S., Rofi’ah, S., & Suroiya, N. (2024). Penerapan Media Counting Box Multisensori pada Kelas I MI Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang. Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, Universitas Islam Raden Rahmat Malang, 4, 814–821.
S., F. (2021). Perkembangan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 7(2), 62. https://doi.org/10.30821/ihya.v7i2.15193
Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).
Setiadi, G. (2024). Bahasa Sebagai Simbol Peradaban Kehidupan Manusia Dalam Berkomunikasi Dan Bersosialisasi. ASMARALOKA : Jurnal Pendidikan, Linguistik Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–24. https://doi.org/10.55210/asmaraloka.v2i1.332
Siregar, A. K., & Taufiq, M. (2023). Tahlīl Al Musykilᾱt Fī Ta’Līmi Al Lugah Al ’Arabiyah Bi Al Madrasah Al Sanawiyah Al Ma’Maliyah Bi Al Jᾱmi’Ah Al Islᾱmiyah Al Hukūmiyyah Sūmatrah Al Syamᾱliyah Mīdᾱn. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(1), 233. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.1878
Syafa, A., Sabila, A., Yudistira, A., Rosita, B. L., & Sunarti, D. (2024). Meningkatkan Literasi Media Pada Guru Untuk Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2003), 767–773.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v11i3.26718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diindeks oleh:
Jurnal Ihya Al-Arabiyah © 2015 by UIN Sumatera Utara is licensed under CC Attribution 4.0 International









