STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB RA MUSLIMAT NU 06 BROTONEGARAN PONOROGO

Muhimmatul Mukaromah, Afidatur Rosyidah, Fiki Nabilatu Sausan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan umum dalam dunia pendidikan bahwa tidak semua pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Masalah yang berulang adalah kurangnya penggunaan dan penerapan strategis saat belajar bahasa Arab. Strategi yang terkesan monoton menyebabkan siswa tidak tertarik untuk belajar bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran bahasa Arab . Sebuah strategi dianggap berhasil jika menghasilkan hasil minat dan kemampuan siswa. Menggunakan cara yang tepat untuk  membentuk pembelajaran, yang efektif dan efisien. berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk meneliti pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di RA Muslimat. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, yaitu. penelitian yang terjun langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif Tujuannya untuk menjelaskan kendala yang tejadi. Sebagai pendidik, perlu menyajikan suasana belajar yang efektif  dan efesien sesuai kepribadian dan tingkat kemampuan siswa. Pada proses belajar anak usia dini perlu cara yang tepat terhadap karakteristik anak didik. Kita semua tahu bahwa strategi diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Anggota, albi & Setiawan, johan.2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak.

Anggraeni, Silfia. 2014. Penerapan Strategi Memori untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Kemahiran Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI Jurusan Bahasa MA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Darmawati, R. Akhmad Munjin, G. Gores Sran, 2015. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap kinerja guru di smpn 1 Parung, Bogor: Jurnal Governasi, vol. 1, No. 1, April

Dengeng, I. N. S. 1989. Kerangka Perkuliahan dan Bahan Pengajaran. Jakarta. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Farneubun, Bernardus. 2014. “Pengaruh Informasi Pendidikan Gratis Pada Pendidikan Anak Usia Dini Santa Kristina Waurkecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol. 18 No. 3

Imroatun, 2018. “Alternatif Media Pengembangan Literasi Baca Tulis Berbahasa Nasional Bagi Siswa Raudhatul Athfal”, Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, Vol. 1

Khairi, Husnuzziadatul. 2018. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun”, Jurnal Warna, Vol. 2, No. 2

Maryatun, Ika Budi. 2006. “PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK”, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, Edisi 1.

Nur Salim, Suryanto. 2017. PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MULTIPURPOSE DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNP KEDIRI. Jurnal Nomor 29. Jurusan PPKn FKIP UN PGRI

Pramana, Cipta. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemic Covid- 19”, Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Vol. 2 No. 2

Rahman, Habibu. Nia Kurniasari, Kencana, Rita. Dkk, 2020. Assesmen Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri

Ramadhan, Saidah. 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini, Jurnal Kependidikan, Vol. 3, No. 2

Ridwan dan fajar Awaluddin, A. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal”, Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 13, No. 1

Wahyuni,Imelda dan sirnawati labinda, 2016, “Perbedaan individu dalam pembelajaran Bahasa arab” jurusan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Iain Kendari

Wardhani, Nia. 2018. Raudhatul Athfal Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Aceh: Naskah Aceh




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v9i2.17904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: