Muatan HOTS Pada Latihan Soal Buku Teks Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag

A. Suranta Putra Meliala

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  untuk memberikan gambaran tentang muatan HOTS dalam latihan soal buku teks bahasa Arab kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag. Penelitian ini adalah kualitatif analisis konten. Sumber data atau dokumen yang dianalisis yaitu  muatan HOTS pada latihan soal buku teks Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Kemenag Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan instrument kerangka analisis dokumen atau analisis konten untuk membaca, memahami, dan pencatatan data. HOTS terdapat beberapa indikator, yaitu analyze, evaluate, and create. Selain itu, HOTS juga mengandung istilah LOTS yang terdapat beberapa indicator yaitu remember, understand, and apply. Muatan HOTS pada latihan soal terdapat  40,25 %. Jumlah persentase ini didapat dalam 5 bab buku teks bahasa Arab yang telah dianalisis dari 140 latihan soal. Terdapat  59 latihan soal yang muatan HOTS dan latihan soal yang tidak terdapat muatan HOTS sebanyak 81 soal.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012) Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran. Vol. 2, No. 12.

Abosalem, Y. (2016) Assessment Techniques And Students Higher Order Thinking Skills. International Journal Of Secondary Education. Vol. 4, No1.

Alismail, H. A. Dan Mc Guire. (2015) P. 21st Century Learning And Curriculum: Current Research And Practice. Journal Of Education And Practice, Vol. 6, No. 6.

Afandi, A. Sajidan, S. Akhyar, M. Dan Suryani, N. (2019) Development Frameworks Of Indonesia Partnership For 21st Century Skills Standars For Prospective Science Teacher, A Delphi Study. Indonesia Journal Of Science Education. Vol. 8, No1.

Ainin, Moh. (2018) Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Atau Sekolah: HOTS, MOTS Atau LOTS. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV Malang.

Huda, M. Purnomo, E. Anggraini, D. (2021) Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Materi Dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Terbitan Kemendikbut Ri, Prasi: Jurnal Bahasa, Vol. 2, No. 16.

Jailani, M.S. Dan Hamid, A. (2016) Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI). Nadwa Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 10.

Munzenmaier, C. And Rubin, N. (2013) Perspectives Bloom’s Taxonomy: What’s Old Is New Again. (California: Santarosa, The E-Learning Gulid).

Susanti, E. Kusumah, Y. S. Dan Sabandar. (2014) Computer Assisted Realistic Mathematics Education For Enacing Students Higher Order Thinking Skills. Journal Of Education And Practice, Vol. 5, No. 18.

Supriadi. (2015) Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Journal Lantanida, Vol. 3, No. 2.

Sajidan & Afandi. (2018) Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Aspek Epigenetic Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Seminar Nasional Ipa Ix 1 Universitas Negeri Semarang, Oktober 1-10, Artikel Prof Sajidan Semnas IPA.

Saputra, H. (2016) Pengembagan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran Dengan Penerapan Hots. Smile’s Publishing, 1.

Tan, S. Y. Dan Halili, S. H. (2015) Effective Teachingof Higher Order Thinking (HOT) In Education. The Online Journal Of Distance And E-Learning, Vol. 3, No. 2.

Utari, R. Taksonomi Bloom. (2013) Apa Bagaimana Menggunakannya. (Jakarta: Pusdiklat KNPK.

Valverde, G. A, Bianci, L. J, Wolfe, R. G. Schmidt, W. H, And Houang, R. T. (2002) According To The Book, Using TIMSS To Invesrigate The Translation Of Policy Into Practive Through The World Of Text Books. (Springer Science & Business Media).

Wijaya. A, Van Den Hauvel Panhuizen, M, And Doorman, M. (2015) Opportunity To Learn Context Based Tasks Provided By Mathematics Text Books. Journal Education Studies In Mathematics, Vol. 1, No.

Yuniant, T. Maratul, Q, & Atika Nur, H. (2019) Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Adi Wijaya: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 7, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v9i2.17901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: