AKHLAK SISWA DI MAL UIN SU MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problema pembinaan akhlak siswa di tinjau dari sudut guru, siswa dan lingkungan sekolah. Dan Untuk mengetahui pembinaan siswa melalui berbagai aktifitas belajar baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Serta Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di MAL UIN SU Medan.
Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu peneliti melakukan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah yang sifatnya kualitatif, yakni prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Artinya, peneliti menganalisis dan menggambarkan penelitian secara objektif dan mendetail untuk mendapatkan hasil yang akurat.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Agama dan Akhlak bagi Anak dan Remaja, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
Syaodih Sukmadinata, Nana, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v9i1.17894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diindeks oleh: