Penerapan Metode Audio-Lingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Strukturalisme

Fadlan Masykura Setiadi, Nur ‘Ainun Ritonga, Fahrurrozi. S

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan filosofis dari para linguis dari mazhab strukturalisme yang kemudian seiring dengan waktu dijadikan sebagai landasan dalam penerapan metode audio-lingual dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode audio-lingual dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan strukturalisme mampu membangkitkan motivasi para peserta didik untuk percaya diri dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab. Dalam penerapannya, metode audio-lingual lebih menekankan pada keterampilan menyimak (mahāroh istima`) dan keterampilan berbicara (mahāroh kalām). Dengan kata lain, metode ini menekankan penelaahan suatu bahasa yang akan dipelajari dengan memulainya dari sistem bunyi (fonologi), kemudian sistem pembentukan kata (morfologi), dan sistem pembentukan kalimat (sintaksis).


Full Text:

Untitled

References


Al-Naqah, Mahmud Kamil. Ta’lim Al-Lugah Al-Arabiyyah Li Al-Natiqin Bi Lughat Ukhra, Ususuhu-Madakhiluhu-Turuq Tadrisihi. Saudi Arabia: Universitas Ummul Qura, 1985.

al-Ushaili, Abdul Aziz Ibrahim. Al-Nazariyah Al-Lugawiyyah Wa Al-Nafsiyyah Wa Ta’lim Al-Lugah Al-Arabiyyah. Riyad: Maktabah al-Malik Fahd, 1999.

Chaer, Abdul. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Fachrurrozi, Aziz, and Erta Mahyuddin. Pembelajaran Bahasa Asing: Tradisional Dan Kontemporer. Edited by Mu’azzizah. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Gordon, W. Terrence. Saussure for Beginners. New York: Writer and Readers Pubishing, 1996.

Hamidah. Filsafat Pembelajaran Bahasa: Perspektif Strukturalisme Dan Pragmatisme. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53. Yogyakarta: Naila Pustaka, 2017.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Edited by Anang Solihin Wardan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Hidayat, Asep Ahmad. Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna Dan Tanda. Cet. Ke-1. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Edited by Risman Sikmumbang. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.

Parera, Jos Daniel. Kajian Linguistik Umum Historis Komparatif Dan Tipologi Struktural. Jakarta: Erlangga, 1991.

Rahman, Habibur. “Amin Al-Khuli: Pendekatan Kritik Sastra Terhadap Al-Qur’an.” Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 1, no. 1 (2019).

Richards, Jack C., and Theodore S. Rodgers. Approaches and Methods in Language Teaching. Second Edi. New York: Cambridge University Press, 2001.

Setiadi, Fadlan Masykura, “Ta’lim Maharah Al Kalam Li Ghairi Al Nathiqiin Bi Al’Arabiyah,” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 1, no. 2 (2015): 123–137.

Al Umma, Khoirul Zaman. “Ferdinand de Saussure : Structuralism and His Role in Modern Linguistics.” Jurnal Lisanu ad-Dhad 02, no. 01 (2015): 1–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v8i2.14412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: