MEDIA SHORT MOVIE TERHADAP PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA’ DAN MAHARAH AL-KALAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN YOGYAKARTA

Wahyu Asyhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan pembelajaran bahasa arab menggunakan media Short Movie. Pengumpulan data dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran media Short Movie terhadap keterampilan mendengar (al-Istima’) dan keterampilan berbicara (al-Kalam) siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Arab, disaat guru melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan materi yang terdapat didalam media short movie. Dalam kegiatan ini menjadi pokok penelitian penulis untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab menggunakan media short movie, karena peserta didik dituntut untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan (aspek menyimak) dan mencoba untuk menyampaikan apa yang telah didengar (aspek berbicara).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyana. 2011. Pendidikan bagi Anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

al-Amir, Najib Khalid. 2002. Mendidik Cara Nabi SAW. Bandung: Pustaka Hidayah.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharisimi.1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.

Azwar, Syaifudin.1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, Edisi 1, Cetakan 1.

Bachtiar, Harsja. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Raja wali pers.

Bashir, Ahmad Abd Allah.2012. Mudhakkirah Ta’lim al-Kalam. Jakarta: Ma’had al-Ulum al-Islamiyah wa al-Arabiyah bi Indunisiya.

Ernawati dan Aziz. 2003. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Hermawan, Acep. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/MEDIAPEMBELAJARAN pdf.,diakses pada tanggal 20 Oktober 2019.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Madkur, Ali Ahmad. 2006. Tadris Funun al-Lughah al-Arabiyyah. Kairo: Dar al-Fikr al-Arabiy.

Mahmud, Abdul Halim. 2000. Tadarus Kehidupan di Bulan Al-Quran. Yogyakarta: Mandiri Pustaka Hikmah.

Muchsin. 1986. Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Nasution, 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, Zulkarimein.1984. Media Dalam Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali.

Nuha, Ulin. 2012. Metode Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Rosyidi, Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suhendar dan Pien Supinah. 1992. Bahasa Indonesia (Keterampilan Berbahasa. Seri Mata Kuliah MKDU. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Suprijanto. 2009. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v8i1.12223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diindeks oleh: