SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI TENAGA KEPENDIDIKAN DI MA AL-MADANI KOTA LUBUKLINGGAU

Erma Yunita

Abstract


Abstrak.

            Hasil-hasil penelitian tentang Supervisi Pendidikan di MA Al-Madani Kota Lubuklinggau. Kepala madrasah/sekolah merupakan personil madrasah/sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan madrasah/sekolah. Ia mempunyai wewenang penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan madrasah/sekolah yang dipimpinnya. Semua kegiatan yang ada dan terjadi di madrasah/sekolah harus dapat di pertanggung jawabkan oleh kepala madrasah/sekolah.        Keberhasilan atau kegagalan seorang kepala madrasah/sekolah tidak hanya di tentukan oleh dirinya sendiri, tetapi juga di tentukan oleh akumulasi sub sistem yang terlibat, yaitu kepala madrasah/sekolah sendiri dengan seperangkat potensinya, karakteristik bawaan, karakteristik situasi, kondisi organisasi diluar manusianya, dan karakteristik situasi dan kondisi di luar organisasi.

            Keberhasilan organisasi mengandung arti keberhasilan kepala madrasah/sekolah dan juga keberhasilan individu atau kelompok yang dipimpinnya. Tidak banyak perubahan yang dapat diraih oleh kepala madrasah/sekolah sendiri dan tidak pula akan banyak hasil yang dapat dicapai oleh bawahan yang bekerja sendiri-sendiri. Hubungan sinergis antar karyawan memunculkan kekuatan lebih dibandingkan dengan ketika mereka bekerja sendiri-sendiri.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin DKK, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Insan Mandiri, 2004).

Ahmad Azhari, Supervisi Rencana Program Pembelajaran, (Jakarta: Rian Putra, 2004).

Ahmad Sofyan, DKK, Peningkatan Supervisi dan Evaluasi Pada Madrasah Ibtidaiyah, (Jakarta: Depertemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum, 2005).

Ary H. Gunawan, Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011).

Cut Suryani, Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh.

Herabudin, Adminisrasi Dan Supervise Pendidikan, (Bandung: CV. Pustaka Setia, Cet. I 2009).

Herly, Upaya Kepala Sekolah Meningkatan Pelaksanaan Supervisi Di Sekolah Dasar 015 Kompas, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014. Bahan Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan,h.311 – 831 diakses di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/viewFile/3767/3001, pada hari Minggu, 10 Juni 2017 Pukul 09. 53

Jaja Jahai dan Amirulloh Syarbini, Manajemen Madrasah Teori, Strategi, dan Implementasi”, (Bandung: Al-Fabeta, 2013).

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Sagala, Saiful, “Administrasi Pendidikan Kontemporer”, (Bandung : Alfabeta, Cet. IV 2008).

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta:Aditiya Media, Cet. I 2012).

Veithzal Rivai, Education Management Analisis Teori dan Praktis, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, Ed. 1 2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i1.8824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Jam Kerja

09.00-17.00 Wib

Senin-Sabtu

Flag Counter