IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs TELADAN UJUNG KUBU KECAMATAN NIBUNG ANGUS KABUPATEN BATU BARA

Nur Aisyah, Yusuf Hadijaya

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Teladan Ujung Kubu Kecamatan Nibung Angus Kabupaten Batu Bara. Pendekatan ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan : (1) Bagaimana penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Teladan Ujung Kubu, (2) Faktor apa saja yang menghambat manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs  Teladan Ujung Kubu, (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs  Teladan Ujung Kubu. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Teladan Ujung Kubu Manajemen kelas ini diawali pada awal pembelajaran sekitar bulan Juni-Juli dan dengan adanya peningkatan manajemen kelas diharapkan minat belajar siswa akan meningkat, yang pertama pengadaan bangku siswa yang cukup, meja siswa yang baik, meja guru, bangku guru dan seluruh alat peserta pendidikan seperti lemari, (2)Faktor apa saja yang menghambat manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs  Teladan Ujung Kubu kekurangannya biaya untuk melengkapi alat-alat perserta didik, kerusakan- kerusakan tidak dapat di topang oleh dana BOS berguna untuk melengkapi dari pada alat-alat manajemen kelas tersebut sangat terbatas, (3) Untuk mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs  Teladan Ujung Kubu yaitu bekerja sama dengan siswa dalam menanggulangi pengadaan-pengadaan pertama sekali itu meja siswa, kursi siswa, meja guru, kursi guru papan tulis dan lain-lain. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan dalam manajemen kelas dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, manajemen kelas adalah usaha dari pihak guru untuk menata kehidupan kelas dimulai dari perencanaan kurikulumnya, penataan prosedur dan sumber belajarnya, pengaturan lingkungannya untuk memaksimumkan efisiensi, memantau kemajuan siswa, dan mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v9i2.8375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter