MODEL MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI MTs PAKIS KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Nur Fadilah, novan ardy wiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan pendidikan di daerah yang berada di tepi hutan. Kepedulian masyarakat akan pentingnya pendidikan sangatlah kurang. Faktor biaya menjadi paling utama dalam mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu MTs PAKIS ingin membantu meminimalisir angka putus sekolah di daerah Pelosok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, keberadaan MTs PAKIS sangat membantu masyarakat pelosok dalam meraih pendidikan walaupun dengan fasilitas seadanya. Biaya yang sederhana mampu menumbukan rasa simpatik para masyarakat baik dalam maupun luar untuk ikut  membantu terlaksananya kegiatan pendidikan. Agar tetap mempunyai semangat belajar, kepala sekolah dan para relawan selalu memberikan motivasi kepada siswa-siswinya supaya tidak putus sekolah walaupun berada di daerah terpencil. Memang awalnya susah meyakinkan dan membuat anak-anak semangat belajar, namun dengan kerjasama para relawan semangat anak-anak perlahan mulai tumbuh dan orang tua mendukung. peneliti keberadaan MTs PAKIS sangat membantu masyarakat pelosok dalam meraih pendidikan walaupun dengan fasilitas seadanya. Biaya yang sederhana mampu menumbukan rasa simpatik para masyarakat baik dalam maupun luar untuk ikut  membantu terlaksananya kegiatan pendidikan. Agar tetap mempunyai semangat belajar, kepala sekolah dan para relawan selalu memberikan motivasi kepada siswa-siswinya supaya tidak putus sekolah walaupun berada di daerah terpencil. Memang awalnya susah meyakinkan dan membuat anak-anak semangat belajar, namun dengan kerjasama para relawan semangat anak-anak perlahan mulai tumbuh dan orang tua mendukung.


Full Text:

PDF

References


Wiyani Novan Ardy. 2018. Pendidikan Karakter Snsk Konsep Dan Implementasi Di SD Dan MI, Purwokerto: STAIN Press

Muflikhin Muh. Hizbul, 2013. Administrasi Pendidikan Tinjauan Teori Untuk Praktek Manajerial Bagi Guru Dan Pimpinan Sekolah, Yogyakarta: Pilar Media

Mustari Mohamad, 2014. Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT Gajah Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v9i1.5800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter