IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI

Ahmad Adib Aziz, Devy Habibi Muhammad

Abstract


Islamic Religious Education (PAI) learning at MA AL-UM Probolinggo faces challenges in increasing students' enthusiasm for learning due to the lack of variation in teaching methods. To overcome this, this study aims to analyze the implementation of multimedia-based interactive media in increasing students' motivation to learn. This study uses a qualitative descriptive approach method. Data were collected through observation, interviews, and documentation of teachers and students who use multimedia-based interactive media in PAI learning. The results of the study indicate that users of multimedia-based interactive media are able to increase students' interest and involvement in the learning process. Students are more enthusiastic in learning to understand PAI concepts because of the attractive visual, audio, and animation features. In addition, teachers can also more easily convey material dynamically and interactively. Thus, the implementation of multimedia-based interactive media can be an innovative solution to increase students' enthusiasm for learning at MA Al-Um Probolinggo. The recommendation from this study is further development in the form of a digital platform that can be accessed more widely to support learning effectiveness

Keywords


Interactive Media, Multimedia, Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Budiyanto, C. W. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI.” Jurnal Pendidikan Islam 10(2):145–60.

Ariyanto, D., & Setiawan, W. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Dan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Belajar.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JPTI) 5(2):112-125.

Arsyad, A. 2022. “Media Pembelajaran: Definisi, Fungsi, Dan Peran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 15(1),:1-12.

Fadilah, N., & Setiawan, A. 2020. “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 12(2):189–204.

Fauzi, A., & Hidayatullah, S. 2023. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI.” Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 5(1),:78–94.

Fauzi, I., & Wijayanti, R. 2020. “Peran Guru PAI Dalam Membimbing Siswa Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 15(1):78–92.

Febrianti, A., & Rahmawati, F. 2022. “Peran Media Pembelajaran Dalam Mempercepat Proses Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 7(2):156–69.

Hidayat, R., & Febrianti, N. 2022. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 15(2):67–78.

Hidayati, N., & Aslam, A. 2021. “Peran Guru Dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan.” Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):45–53.

Kurniawan, D., & Wijaya, S. 2019. “Simulasi Interaktif Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Inovasi Pendidikan 5(3):210-225.

Kurniawan, D., & Wijayanti, R. 2021. “Implementasi Media Pembelajaran Individual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Inovatif 8(2):112–25.

Nida, F. L. K., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3),:401–12.

Nurhayati, A., & Darmawan, W. 2021. “Pemanfaatan Simulasi Dan Game Edukasi Dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif.” Jurnal Pendidikan Multimedia 6(2):112–25.

Nurhayati, E., & Prasetyo, A. 2021. “Efektivitas Media Digital Terhadap Motivasi Belajar PAI: Analisis Data Kualitatif Melalui Wawancara Dan Observasi.” Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 8(2):145-160.

Nurhayati, S., & Kurniawan, D. 2021. “Personalisasi Pembelajaran Melalui Media Interaktif Yang Adaptif.” Jurnal Inovasi Pendidikan 8(2):112–25.

Nurhayati, S., & Mustofa, R. 2021. “Dampak Media Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar PAI: Studi Meta-Analisis.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6(2):89–102.

Nurjanah, S., & Maulana, I. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran PAI Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6(1):55–70.

Prasetyo, A. R., & Wiyanto, W. 2020. “Pengaruh Desain Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2):112–20.

Prasetyo, R., & Rahmawati, F. 2020. “Sifat Manipulatif Dalam Media Pembelajaran Interaktif Digital.” Jurnal Pendidikan Multimedia 5(3):78–92.

Purnomo, A., & Suryanto, H. 2021. “Pengaruh Media Interaktif Berbasis Game Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 28(2):123–35.

Putri, R. K., & Hadi, S. 2021. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Melalui Media Digital.” Jurnal Teknologi Pendidikan 9(2):145-158.

Rahayu, S., & Prihatin, T. 2020. “Inovasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 25(2),:112-120.

Rahman, A., & Fauzi, M. 2022a. “Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Di Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan Islam 11(1):45-60.

———. 2022b. “Pengaruh Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ketuhanan Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam 8(2):145-160.

Rahman, A., & Hidayat, N. 2022. “Digital Natives Dalam Pembelajaran PAI: Tantangan Dan Peluang Bagi Guru Di Era Digital.” Urnal Pendidikan Islam 11(1),:45-58.

Sari, M., & Kurniawan, B. 2023. “Strategi Pengembangan Motivasi Intrinsik Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Dukungan Teknologi.” Jurnal Psikologi Pendidikan 15(1):89-102.

Suryani, N., & Setiawan, A. 2022. “Peran Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7(1):45-60.

Susilawati, E., & Supriyanto, A. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 5(2):112–20.

Wijaya, B., & Nurhayati, S. 2021. “Optimalisasi Fungsi Media Pembelajaran Sebagai Alat Perantara Penyampaian Pesan Edukatif.” Jurnal Kajian Pendidikan 12(3):112–25..




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v14i1.24119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hijri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter