PEMANFAATAN PENYALURAN SARANA PRASARANA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMA MA’ARIF 1 PAMEKASAN
Abstract
Penulis malakukan penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pemnafaatan penyaluran sarana prasarana untuk dalam menunjang pembelajaran siswa di SMA Ma’rif 1 Pamekasan. Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif dalam pendekatan deskriptif dengan pengiumpulan data melalui observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peyaluran sarana dan prasarana di SMA Ma’arif 1 Pamekasan dilakukan dengan memberikan barang dan perlengkapan sekolah kepada bagian yang membutuhkan. Ada beberapa faktor yang mendukung serta menghambat penyaluran sarana dan prasarana di SMA Ma’arif 1 Pamekasan. Sistem invenatrisasi yang lengkap dan akurat, prosedur yang jelas untuk mengajukan permintaan sarana dan prasarana, dan dukungan dari pemangku kepentingan yang terlibat merupakan faktor pendukung. Sedangkan faktor penghambat adalah jumlah dana yang kurang mendukung serta lokasi yang kurang strategis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustriani, J., Wulandari, Y., & Wulandari, R. (2022). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA KELOMPOK BERMAIN (KB). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 351–362. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i03.248
Ainiyah, Q., & Husnaini, K. (2019). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN Bareng Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 98–112. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v3i2.93
Ellong, Td. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.574
Firdausi, M., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan dasar terkait Kebijakan Standar Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 158–163. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.119
Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 21. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.68
Ibnu Faruk Fauzi, M. (2022). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN SUMBERREJO JEMBER. At-tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 64–79. https://doi.org/10.59106/attahsin.v2i2.90
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Lestari, D. (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. 1(1).
Maila, M., Dalimunthe, M. T., Kismadani, N. D., Setiyani, R., Oktavianda, R., & Setiyadi, B. (2024a). Penyaluran Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 466. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4819
Maila, M., Dalimunthe, M. T., Kismadani, N. D., Setiyani, R., Oktavianda, R., & Setiyadi, B. (2024b). Penyaluran Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 466. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4819
Maizah, St., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kredibilitas Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Directiv, Non Directiv dan Kolaboratif. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 134–140. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i1.1022
Mardita, N. (2019). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/pa4r5
Muhadjir, N. (1996). Metodologi penelitian kualitatif: Pendekatan positivistik, rasionalistik, phenomenologik, dan realisme metaphisik telaah studi teks dan penelitian agama (Ed. ke-3, cet. 7). Rake Sarasin.
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.
Nurbaiti. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(4), 536–546.
Ramadhan, S., & Megawati, S. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Publika, 1581–1592. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1581-1592
Riskiyah, E. M., Fariyanti, A., & Abidin, Z. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI MENUJU ERA SOCIETY 5.0. An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1–13. https://doi.org/10.55799/annadzir.v2i01.426
Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI PAUD. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4082
Suranto, D. I., Annur, S., Ibrahim, & Alfiyanto, A. (2022). PENTINGNYA MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26
Zeinal Abidin, Z. A. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Pragaan Sumenep Di Era 5.0. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7. https://doi.org/10.31539/alignment.v7i1.9507
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v13i1.20405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jam Kerja
09.00-17.00 Wib
Senin-Sabtu