STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA ERA DISRUPSI

Rahmi Wardah Ningsih, Fauzi Fahmi

Abstract


Salah satu upaya memaksimalkan bakat, potensi, kecerdasan, dan kreativitas anak ialah dengan menyertakannya dalam kegiatan sekolah usia dini atau PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ). Sedini mungkin anak diasah untuk bersikap disiplin, bertanggung jawab, berjiwa sosial, kreatif, inovaif, penuh dedikasi, menjalankan program dan lainnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen pendidikan anak usia dini pada era disrpsi.  Pada penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari artikel di jurnal terbaru dan buku yang berkaitan dengan isi pokok permasalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembentukan suatu lembaga pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak serta standar nasional pendidikan membutuhkan suatu sistem pengelolaan yang baik. Sistem pengelolaan berlandaskan dengan undang-undang dan karaktersitik anak sehingga tujuan dibentuknya suatu lembaga jelas dalam rangka menstimulasi tumbuh kembang anak. suatu sistem pengelolaan yang baik terdiri dari adanya kelembagaan yang terstruktur dan jelas baik itu izin dan pelaksanaannya. 2) Memiliki metode pengajaran yang tepat diberikan kepada anak, berpedoman pada kurikulum yang telah disepakati berkaitan dengan DAP. 3) Menyediakan fasilitas agar anak mampu mengembangkan keterampilan sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimilikinya, serta membuat pelatihan untuk semakin berkembangnya kualitas sumber daya manusia yang berkecimpung dalam pendidikan anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Cahyaningrum, Eka Sapti. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak, 2015. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V2i1.3039.

Elyana, Luluk, And Radiana Fitriati. “Manajemen Teknomedia Paud Era Pandemi Covid 19.” Sentra Cendekia, 2021. Https://Doi.Org/10.31331/Sencenivet.V2i1.1616.

Fahmi, Fauzi, And Wahyu Bitasari. “Revitalisasi Implementasi Kurikulum Pendidikan.” Al-Fikru, No. 50 (2021): 81–91.

Fahmi, Fauzi, And Wahyu Iskandar. “Tipologi Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2020. Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V10i1.852.

Fahmi, Fauzi, And Rahmi Wardah Ningsih. “Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2021.

Firmansyah, Firmansyah. “Class Together In Realizing The Values Of Moderation Of Islamic Education Through Multicultural School Culture.” International Journal Education Multicultural Of Islamic Society 2, No. 1 (2021): 1–12. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33474/Jemois.V2i1.13119.

———. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal Of Social And Cultural Anthropology), 2020. Https://Doi.Org/10.24114/Antro.V5i2.14384.

Montessori And Early Childhood: A Guide For Students. Montessori And Early Childhood: A Guide For Students, 2013. Https://Doi.Org/10.4135/9781446269343.

Paquette, Kelli R., And Sue A. Rieg. “Stressors And Coping Strategies Through The Lens Of Early Childhood/Special Education Pre-Service Teachers.” Teaching And Teacher Education, 2016. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2016.03.009.

Prayoga, Muhammad Fery, Desi Safitri, Pascasarjana Uin, Maulana Malik, Jawa Timur, Muhammad Hayyanul Damanik, Muhammad Fery Prayoga, Desi Safitri, Fauzi Fahmi, And Muhammad Hayyanul Damanik. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Mengetahui Perbedaan Motivasi Belajar Siswa” 6, No. 2 (2021): 1–8.

Prof. Dr. S. Nasution, M.A. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Ristow, Michael, Chih Hao Lee, Katrien De Bock, Vadim N. Gladyshev, Gökhan S. Hotamisligil, And Brendan D. Manning. “James R. Mitchell (1971-2020).” Cell Metabolism, 2021. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cmet.2021.02.009.

Sanjaya, Wina. “Kurikulum Dan Pembelajaran : Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp).” Jakarta :Kencana Prenada Media Group, 2013.

Sibagariang, Pradita Permatasari, And Weny Savitry S. Pandia. “Teaching Approach And Teacher Self-Efficacy During Early Childhood Distance Learning.” Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2021. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.151.03.

Wardah Ningsih, Rahmi, Slamet Suyanto, And Fauzi Fahmi. “A Development Of Number Circuit Game Based Learning Strategy To Introduce Numeral Symbols For Children Aged 4-5 Years.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, No. 01 (2020): 47–58. Https://Doi.Org/10.46963/Mash.V4i01.231.

Wickramasinghe, Kremlin, Saion Chatterjee, Julianne Williams, Martin W. Weber, Ana Isabel Rito, Holly Rippin, And João Breda. “Childhood Overweight And Obesity Abatement Policies In Europe.” Obesity Reviews, 2021. Https://Doi.Org/10.1111/Obr.13300.

Wijaya, Candra, Abdurrahman, Edi Saputra, And Firmansyah. “Management Of Islamic Education Based On Interreligious Dialogue In The Learning Process In Schools As An Effort To Moderate Religion In Indonesia.” Review Of International Geographical Education Online, 2021. Https://Doi.Org/10.48047/Rigeo.11.05.310.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i1.11831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Jam Kerja

09.00-17.00 Wib

Senin-Sabtu

Flag Counter