MODEL PENDIDIKAN AKHLAK DI MTs. AL-WASLIYAH 63 PUNGGULAN AIR JOMAN KABUPATEN ASAHAN
Abstract
63 Punggulan Kecamatan Air Joman, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dan madrasah
dalam membina akhlak di MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman, untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak di MTs Al Washliyah 63 Punggulan
Kecamatan Air Joman. Pendekatan dan metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang
berfokus pada fenomena empirik secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika berpikir
ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru akidah akhlak, guru
bimbingan konseling dan siswa MTs Al Washliyah 63 Punggulan Kecamatan Air Joman. Analisis data
dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian
merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara, 1987.
________., Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 1991.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta, 1993.
Daradjat, Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, 1992.
________Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : Bulan Bintang, 1993.
Hadi, Amirul, H. Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset, 2001.
Ihsani, Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 1996.
Kamisa, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Kartika : Surabaya, 1997.
Mas’ud, Abdurrahman, Antologi Studi Agama dan Pendidikan. Semarang: Aneka Ilmu, 2004.
Mudiyaharjo, Redja, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Penddidikan
pada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.
Mustofa, Akhlak Tasawuf . Bandung: CV Pustaka setia, 2010.
Purbakawaca, Soegarda, Ensiklopedi Pendidikan. Gunung Agung : Jakarta,1976.
Purwanto, M. Ngalim , Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Rosda Karya, 1991.
Saipullah, Ali, Pendidikan Sebagai Gejala Kebudayaan. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Sugiarto, Teknik Sampling. Jakarta: Gramedia, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Sukardi, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia, 2002.
Suryabrata, Sumardi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada: 2008.
Syekh Az-zarnuji, Ta’lim Muta’alim tarjamah, Al-hidayah. Surabaya.
Thoha, Chabib, Zuhri, Saifudin, dkk., Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Ulil, Amri SyafriPendidikan Karakter Berbasis Al – Quran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2014.
Zuhairini dkk., Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Bersama, 1983.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i1.874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.