KARAKTERISTIK GURU PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH

Ahmad Sulaiman

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to know: (1). Characteristics of teacher perspective M. Quraish
Shihab in Tafsir Al-Mishbâh. (2). Relevance of teacher characteristics perspective Quraish Shihab in
Tafsir Al-Mishbâh with characteristics of professional teachers in education Indonesia.Kenis research used
in this research is library research by collecting data and reviewing books that have relevance to the
subject matter. Sources of research data is the book Tafsir Al-Misbâh: Message Impression and Harmony
of the Qur’an. While the secondary book is the books written by M. Quraish Shihab which discuss about
pemagasi this thesis, as well as other books related to this study. The method used in this research is
maudhû’i method by using content analysis (content analisys). The results of this study are: The characteristics
of perspective teacher M. Quraish Shihab in Tafsir Al-Mishbâh are as follows: The teacher does
the learning wholeheartedly, conveying all the knowledge that the teacher has to the learners

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi Jakarta: RinekaCipta, 1993.

Ash-Shabuny, Muhammad Ali. Studi Ilmu Al-Quran Bandung: Pustaka Setia, Terj, H. Aminuddin.

Asmani. Jamal Ma’mur Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif Yogyakarta:Diva Press, 2011.

Azzet, Ahmad Muhaimin Menjadi Guru Favorit Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitan Kualitatif Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media, 2014.

Hamalik, Oemar Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hamka Abdul Aziz, Karakter Guru Profesional: melahirkan Murid Unggul Menjawab tantangan

Masa Depan, Jakarta: AMP Press, 2016.

Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1982.

Kamus Bahasa Indonesia edisi elektronik (2008)

http://kbbi.web.id/karakteristik

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Rineka Cipta: Jakarta 1997

Marno. Strategi dan Metode Pengajaran Yogyakarta: Ar-ruz Media. 2010.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya 2006.

Mu’in, Fathul Pendidkan Karakter: Kontruksi Teoretik dan Praktik

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Muchith, Saekhan Issu-Issu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam Kudus: DIPA STAIN, 2009.

Mudyahardjo Redja, Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar Bandung: Rosdakarya, 2004), cet III.

Muhajir, Noeng Metodologi Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Rake Sarasin, 1995.

Nata Abudin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia

Jakarta: Kencana, 2007.

_________, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai

Pustaka, 2007, Edisi Ketiga.

Ramayulis, Filsafat Penidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015.

Saifullah, Teungku Nalar Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011.

Sandjaja B. & Albertus Hermayanto, Panduan Penelitian Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur Jakarta:Kencana, 2013.

Satori, Djam’an Profesi Keguruan Jakarta : Universits Terbuka, 2005.

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat

Bandung: Mizan, 2009, Cet III.

EDU-RILIGIA: Vol. 1 No. 1 Januari-Maret 2017

AHMAD SULAIMAN: KARAKTERISTIK GURU PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH

_______________, Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Quran Bandung: Mizan, 2007,

_______________,,Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an Jakarta: Lentera Hati,

, Vol. 1

_______________,,Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an Jakarta: Lentera Hati,

, Vol. 2

_______________,,Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an Jakarta: Lentera Hati,

, Vol. 10.

_______________,,Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an Jakarta: Lentera Hati,

, Vol. 12.

_______________,,Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an Jakarta: Lentera Hati,

, Vol. 15.

Shihab, Umar Kontekstualitas Al-Qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat-Ayat Hukum dalam Al-Qur’An

Jakarta: Penamadani, 2005, Cet Ketiga.

Subagyo, Joko Metologi Penelitian: Teori dan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudarma, Momon Profsi Guru: Dipuji, Dikritisi dan Dicaci Rajawali Pers: Jakarta, 2013.

Suharto, Toto Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistimologi Islam Dalam Pendidikan

Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2014.

Suryabrata, Sumadi Metode penelitian Jakarta: Rajawali Pers, 1993.

Tafsir, Ahmad Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam Bandung: Rosdakarya, 2005, Cet. Keenam.

Taufikurrahman, Jurnal keilmuan Tafsir Hadis Sumenep: IAIN Press, 2012.

Undang-undang Guru dan Dosen, Bandung: Fokusmedia, 2011.

Usman, Husaini Purnomo Setiyadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Usman, Uzer Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Wibowo Agus dan Hamrin, Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2012.

Zainal, H. Viethzal Rivai dan Fauzi Bahar, Islamic Education Management Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada, 2010.

Zainuddin, Seluk-Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali Jakarta: Bumi Aksara, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i1.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.