KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi Fenomenologis di Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor)

San Putra, Juwita Maharani, Rosnilawati Sinaga, Dahriani Tanjung

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kompetensi guru pada saat pandemi covid 19 yang dilakukan lembaga pendidikan Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor, dan bagaimana kompetensi guru dalam mendisiplikan belajar pada anak usia dini pada saat pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil dari penelitian ini guru memiliki kompetensi kepribadian bertanggung jawab, sabar, tekun, rajin dan kepribadian sosial. Guru yang berkompetensi memiliki kontribusi dalam mendisiplikan siswa agar tetap belajar di rumah, walaupun dalam proses daring.

Keyword: Kompetensi, Belajara dan Daring.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amini, 2013. Profesi Keguruan, Medan: Perdana Publishing.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif: Rekontruksi Pemikiran Dasar serta COntoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora. Malang, Literasi Nusantara.

John W. Creswell, 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan,Terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Ed. 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 045/U/2002, tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi

Kunandar, guru professional, implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru, (Jakarta: Rajawali pers, 2009)

Mardianto, 2012. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Mooh Mustari, 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mudhofir, Ali. 2012. Pendidik Professional, Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen, 2011, Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kencana Persada Group.

Observasi peneliti pada tanggal 27 Agustus 2020.

Robert. C. Bogdan dan Sari Knopp Biklen, 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, (Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Roestiyah N.K, 1982. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan, Jakarta: Bina Aksara.

Surat Edaran dari Plt. Wali Kota Medan Nomor: 440/2582/2020

Surat Kementerian Pendidikan dan Budaya Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, Bab 1 pasal 1 ayat 1

Uno, Hamzah B. 2011. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. 2011.Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wawancara

Wawancara dengan Ibu Syafrini, S.Pd.I Kepala Sekolah Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor, 5 September 2020.

Wawancara dengan Ibu Juwita Maharani, S.Pd.I Guru Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor, 5 September 2020.

Wawancara dengan Ibu Dahriani Tanjung, S.Ag Guru Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor, 5 September 2020.

Wawancara dengan Ibu Rosnilawati SInaga, S.Pd.I Guru Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor, 5 September 2020..




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i2.8182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.