PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 HALONGONAN TIMUR KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di SMP Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara, 2) Bagaimana pelaksanaan supervise kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di SMP Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara, 3) Bagaimana tindakan kepala sekolah dalam memotivasi guru di SMP Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan yang dilakukan kepala sekolah adalah membuat kreteria penerimaan anggota baru, membuat program kerja guru per triwulan, menghemat dana sekolah. Pengawasan yang dilakukan adalah pengawasan model formatif dan sumatif yaitu secara berkala dalam setiap minggu masuk langsung ke dalam kelas memperhatikan cara guru mengajar. Motivasi ekstrinsik atau motivasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam memotivasi gurunya yaitu dengan cara memberikan pujian, selalu bersikap menghormati guru, mendengarkan keluhan guru dan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan guru serta pelatihan di bidang IT. Sedangkan motivasi interinsik yaitu pada saat ada pelatihan guru tidak dapat hadir mengikuti pelatihan tersebut tetapi karena guru tersebut ingin memperoleh ilmu, maka guru itu belajar kepada rekannya agar guru tersebut dapat terus meningkatkan kemampunya.
Kata Kunci: Peran dan Profesionalitas
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amiruddin. Administrasi Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka. 2011.
Departemen Agama RI. Kepengawasan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam. 2005.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Cet. IV. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006.
Kunandar. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2007.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XIX. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group. 2013.
Sanusi, Ahmad. Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: IKIP. 1991.
Siahaan, Amiruddin. Manajemen Pengawas Pendidikan. Ciputat: Quantum Teaching. 2006.
Sudjana, Nana. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas. 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.