STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN UJIAN BERBASIS KOMPUTER (UNBK) DI SMK AL-AZIS KABUPATEN LABUHANBATU

Candra Wijaya, Achyar Zein, Muhammad Sanusi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Upaya kepala sekolah dalam mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu, 2) Proses simulasi yang dilakukan untuk persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu, 3) Sistem dan tata tertib pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu, 4) Ketercapaian pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan, yaitu: 1) upaya kepala sekolah dalam mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu berjalan dengan baik, jika dilihat dari persiapan yang dilakukan oleh kepala sekolah dari segi sarana dan prasarana, 2) proses simulasi yang dilakukan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilakukan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh kepala sekolah, setelah itu kepala sekolah menentukan teknisi dan proktor untuk mengawasi proses simulasi dan juga pada saat ujian berlangsung, 3) sistem dan tata tertib pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan moda utama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Penerapan moda UNBK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian. Sistem dan tata tertib Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesuai dengan prosedur operasional Standar Penyelenggaraan ujian nasional tahun pelajaran 2018-2019, 4) hasil yang dicapai dari pelaksanaan Ujian Nasional berbasis computer adalah kejujuran dari setiap siswa dalam menjawab soal ujian.

Kata Kunci: Strategi dan Pelaksanaan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2008.

AR, Nurasiah Murniati dan Harum, Cut Zahri. (2015). ”Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar”. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Vol. 3. No. 3.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2002.

Pakpahan, Rogers. (2016). Mode Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 1. No. 1.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Elkaf. 2006.

Syafaruddin. Panduan Penulisan Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN SU. 2013.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.