KEMAMPUAN GURU BERSERTIFIKASI DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS POKOK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RANTAU SELATAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Perencanaan guru yang telah sertifikasi dalam menyusun strategi pembelejaran, metode pembelajaran dan materi pembelajaran SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 2) Pelaksanaan atau mengemplementasikan program pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang telah sertifikasi di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. 3) Pengawasan atas kinerja yang dilakukan oleh guru pasca sertifikasi serta siapa saja yang terlibat dalam pengawasan tersebut di dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: Hasil temuan peneltian adalah: 1) Perencanaan guru yang telah sertifikasi dalam menyusun strategi pembelajaran, metode pembelajarn dan materi pembelajaran ialah sebelum guru memulai pembelajaran di dalam kelas guru terlebih dahulu mempersiapkan instrumen-instrumen yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran. 2) Implementasi program pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang telah sertifikasi berjalan dengan baik. Terlihat jelas bahwa persiapan yang dibuat oleh guru mata pelajaran terutama pada guru yang telah sertifikasi sebelum proses pembelajaran di mulai. Pelaksanaan yang di lakukan guru didalam kelas sesuai dengan apa yang disusun sebelumnya, sehingga proses belajar mengajar tercapai dengan efektif dan efesien. 3) Pengawasan atas kinerja yang di lakukan terhadap guru pasca sertifikasi serta siapa saja yang terlibat dalam pengawasan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang di lakukan terhadap sangat berpengaruh besar terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Kemampuan, dan Guru
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Mhd. Gade, Ismail. Penelitian Kualitatif. Banda Aceh: Syiah Kuala. 1993.
Mukhtar dan Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press. 2009.
Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.
Muslim, Banun. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta. 2009.
Payong, R. Marselus, Sertifikasi Profesi Guru (Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks. 2011.
Thoha, Miftah. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press. 2008.
Yamin, Martinis. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press. 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.