PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SATU ATAP BILA HILIR KABUPATEN LABUHANBATU

Syamsu Nahar, Edi Saputra, Wanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan semangat kerja guru di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu, 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu, 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan, yaitu: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan semangat kerja guru di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu tidak hanya terbatas sebagai pemimpin saja, tetapi juga sebagai: educatormanageradministratorsupervisor dan leader, 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu sudah berjalan baik sesuai dengan peraturan sekolah, meskipun sebahagian masih ada yang kurang disiplin dalam waktu kehadiran tepat waktu karna faktor dari guru yang adanya rumah jauh, mengenai masalah keadaan di rumah, adanya guru dan pegawai masih belum paham apa itu niat dalam meningkatkan disiplin, 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja di SMP Negeri 4 Satu Atap Bila Hilir Kabupaten Labuhanbatu, yaitu: dengan menjalankan manajemen partisipatif yaitu hubungan kerja sama yang baik dengan semua pikah masyarakat sekolah; memberikan gaji/ upah agar guru tetap semangat dalam kerjanya; membuat lingkungan kerja bagi staf karyawan, guru-guru, dan ruang belajar peserta didik

Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, dan Motivasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah dan Safarina, Etika Pendidikan “Keluarga, Sekolah dan Masyarakat”. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2015.

Herlina. “Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”. Jurnal Kependidikan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, FIP IKIP Mataram. Vol 14. No. 1.

Hilda dan Borko. An International Journal of Reaserch and Studies Teaching and Teacher Education, Vol. 18. Agustus 2000.

Idochi Anwar, Moch. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2004.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Upaya Mengefektikan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Rosdakarya. 2001.

Nurasiah, Murniati AR, dan Cut Zahri Harum. ”Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar”, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Volume 3. No. 3. 2015.

Rohman, Muhammad. Manajemen Pendidikan “Analisa dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran Yang Efektkif”. Jakarta: Prestasi Pustaka 2012.

Saifullah. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru pada SMA Negeri 2 Pulo Aceh Besar”. Jurnal Universitas Syah Kuala. Vol 4, No. 3, Agustus 2016.

Salim dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. IV. Bandung: Citapustaka Media. 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Cet. VII. Bandung: Alfabeta. 2015.

Syafaruddin dan Asrul. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media. 2015.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah (tinjauan teoritik dan permasalahanya). Jakarta: Raja Grafindo persada. 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.