KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU

Candra Wijaya, Syamsu Nahar, Siti Amrina Hasibuan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kompetensi manajemen kepala sekolah di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu, 2) Upaya kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu, 3) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan, yaitu: 1) Kompetensi Manajerial Kepala SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu bahwa kepala sekolah dalam hal ini sudah begitu berusaha keras untuk menerapkan kompetensi manajerial yang dimilikinya, 2) Upaya kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di SMP Negeri 2 Bila Hulu Kabupaten Labuhanbatu, yaitu: dengan pendekatan terhadap guru; membangun keakraban; memberikan hadiah; mendengar masukan dari guru, 3) Kompetensi Manajerial Kepala sekolah dalam Membangun Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri 2 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, diantaranya sebagai berikut: Kepala sekolah telah berupaya keras mengelola budaya dan iklim sekolah yang baik sehingga terciptanya suasana kerja yang harmonis, terjalinnya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan personel sekolah lainnya serta dapat dilihat pula dari tingkat kehadiran guru dalam memberikan pengajaran di dalam kelas

Kata Kunci: Kompetensi Manajerial dan Motivasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badeni. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta. 2013.

Danim, Sudarwan dan Khairil, Profesi Kependidikan. Bandung: ALFABETA, 2012.

Darmada, I Ketut dan Dantes, Nyoman. “Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana”. e-Journal Program Pascasarjana UNDIKSHA. Volume 3. 2013.

Daryanto. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2011.

G. Cevilla, Convelo. dkk. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia. 2006.

Habibi, Beni. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Profesionalisme Guru SMK Bismen di Kota Tegal”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. 10. No. 2. 2015.

Ismuha, Khairudin, dan Djailani AR, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Vol. 4. No. 1. 2016.

Kompri. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah; Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: KENCANA. 2017.

Mesiono. Manajemen Organisasi. Medan: Cita Pustaka Media Perintis. 2012.

Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.

______. Standart Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.

Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan Teori; kebijakan dan Praktik. Jakarta: Kencana. 2015.

Nasrudin, Endin. Psikologi Manajemen. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. 2010.

Silalahi, Ulbert. Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar baru Algensindo. 2002.

Suhardiman, Budi. Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.